Sukses

6 Makanan Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Vagina

Sekarang Anda dapat menjaga kesehatan vagina dengan makanan-makanan ini, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Pepatah yang mengatakan 'Anda adalah apa yang Anda makan' ternyata juga berlaku bagi vagina Anda.

Diet yang sering Anda lakukan dapat mempengaruhi segala sesuatu, mulai dari siklus menstruasi, perasaan, hingga daerah kewanitaan Anda.

Dilansir dari glamour.com, Selasa (10/5/2016), berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang dapat membuat vagina Anda berfungsi dengan baik dan sehat sebagaimana mestinya.

1. Makan banyak prebiotik dan probiotik
Menurut beberapa ahli, vagina sama halnya seperti usus, yang memerlukan bakteri baik untuk melawan infeksi dan mempertahankan pH normal. Bakteri yang ada di dalam usus juga dapat mempengaruhi apa yang terjadi pada vagina, maka dari itu, Anda disarankan untuk makan makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan usus dan vagina. Makanan ini adalah prebiotik, seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang mentah, dan probiotik, seperti yoghurt, kimchi, acar, tempe, dan teh.
Bahkan, beberapa ahli telah berhasil membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi makanan probiotik dapat membantu wanita mengatasi rasa sakit yang dialaminya saat berhubungan seks. Sedangkan makanan prebiotik layaknya suplemen bagi tubuh.

2. Makan kacang-kacangan dan lemak sehat
Lemak sehat dapat Anda temukan di dalam kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat. Semua makanan ini berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol dan hormon esterogen di dalam tubuh agar tetap seimbang. Keseimbangan ini dapat menciptakan lapisan mukosa yang dapat membantu tubuh menangkal infeksi.
Ada juga almond dan jenis kacang-kacangan lainnya yang mengandung vitamin B dapat mencegah rasa sakit pada vagina ketika Anda berhubungan seks.

3. Hindari makanan olahan
Kebalikan dari makanan prebiotik dan probiotik yang dapat menambahkan bakteri baik untuk usus dan vagina, makanan olahan justru memperburuk sistem kekebalan tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada vagina, seperti infeksi jamur, vagina kering, nyeri saat berhubungan seks, dan infeksi saluran kemih.

4. Kurangi konsumsi gula
Menurut para ahli, mengkonsumsi gula dapat merusak atau membunuh bakteri baik pada vagina.

5. Hindari hormon buatan
Hormon buatan dapat ditemukan di daging tertentu dan produk susu. Hormon buatan meniru esterogen dan dapat memblokir esterogen asli dari vagina, yang mencegah pembentukan lapisan mukosa dan memudahkan Anda untuk terkena infeksi.

6. Hidrasi terjaga
Vagina bekerja layaknya mulut seseorang. Ketika mulut kering dan haus, ia akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, begitu pun dengan vagina. Hidrasi dapat membantu mencegah bau tidak sedap pada vagina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.