Sukses

Rambut Bebas Ketombe dengan Bahan-bahan Ini

Liputan6.com, Jakarta Ketombe tak hanya bisa diatasi dengan sampo anti ketombe. Bahan-bahan yang ada di rumah pun bisa digunakan sebagai alat untuk menghilangkan ketombe seperti yang dilansir Rd.com, Kamis (5/5/2016). Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik itu bakteri, jamur, eksim, psoriasis ataupun kulit kepala yang kering.

Biasanya ketombe diatasi dengan sampo yang mengandung zinc phyritione yang membasmi bakteri dan jamur, ketoconazole yang membasmi jamur, coal tar dan selenium sulfide untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit di kulit kepala serta salicylic acid yang membuat serpihan kulit kepala lebih mudah untuk rontok. Jika ingin mencoba perawatan yang lebih organik bisa digunakan:

1. Aspirin
Mengandung bahan salicylic acid yang banyak digunakan oleh sampo anti ketombe. Hancurkan dua butir tablet aspirin dan tumbuk sampai halus. Campurkan di sampo yang biasa Anda pakai. Keramas dengan sampo tersebut, diamkan di kulit kepala 1-2 menit lalu bilas.

2. Tea tree oil
Penelitian menunjukkan bahwa sampo dengan kandungan minyak tea tree 5% mampu mengatasi ketombe. Campurkan beberapa tetes minyak tea tree ke sampo yang Anda biasa pakai lalu keramas dengan sampo itu.

3. Baking soda
Baking soda mampu untuk mengurangi jamur di kulit kepala. Keramas dengan sampo lalu bilas. Sesudahnya gosok-gosok kulit kepala dengan baking soda dan bilas. cara ini bisa membuat rambut jadi kering karenanya ikuti dengan kondisioner di rambut.

4. Cuka apel
Tingkat keasaman dari cuka apel mampu merubah pH kulit kepala, dan itu membuat jamur sulit untuk berkembang di situ. Gunakan 1/4 cangkir cuka apel organik dan campurkan dengan 1/4 cangkir air. Masukkan dalam botol semprot lalu semprot kulit kepala Anda. Bungkus kulit kepala dengan handuk dan diamkan selama 15 menit-1 jam. Keramas seperti biasa. lakukan ini dua kali seminggu.

5. Obat kumur
Obat kumur mengandung bahan anti jamur. Keramas dengan sampo lalu bilas kulit kepala dengan obat kumur yang mengandung alkohol.

6. Virgin coconut oil
Menurut Cruncbetty.com minyak kelapa murni terbukti bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Sebelum keramas gosokkan kulit kepala dengan 3-5 sendok makan minyak kelapa. Diamkan selama sejam lalu keramas seperti biasa.

7. Lemon
Seperti halnya cuka apel, tingkat keasaman lemon akan merubah pH di kulit kepala. Gunakan 2 sendok akan air lemon, gosokkan di kulit kepala. Bilas dengan air. Lalu campurkan 1 sendok teh lemon ke dalam 1 cangkir air dan gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut sekali lagi.

8. Bawang putih
Bawang putih bersifat sebagai anti-mikroba sehingga mampu mengurangi bakteri penyebab jamur. Hancurkan bawang putih dan gosokkan di kulit kepala. Untuk mengurangi baunya yang menusuk campur bawang yang sudah dihancurkan tadi dengan madu seperti yang dilansir healthwitfood.org.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.