Sukses

Mengintip Jejak Mengerikan Tragedi Chernobyl dari Jepreten Foto

Bencana Chernobyl merupakan kecelakaan nuklir paling mengerikan yang pernah terjadi dalam sejarah peradaban manusia.

Liputan6.com, Jakarta Pripyat di Ukraina tidak pernah hilang dari ingatan banyak orang. Kota yang membeku bersama waktu ini merupakan tempat kecelakaan nuklir paling mengerikan yang pernah terjadi dalam sejarah peradaban manusia. Bencana Chernobyl, begitu orang-orang menyebutnya, kini menyisakan kota yang penuh dengan sisa-sisa tragedi yang menakutkan.

Seperti dilaporkan weather, Selasa (3/4/2016), Anton Petrus, seorang fotografer asal Ukraina menjelajahi reruntuhan kota tersebut untuk menemukan gambaran kota hantu yang sepi dan ditinggalkan selama selama hampir 30 tahun.

Foto: weather/ Anton Petrus

“Saya mengunjungi kota ini pertama kali lima tahun yang lalu, dan hal pertama yang saya pikir adalah, tempat ini tampak seperti planet bumi yang telah ditinggalkan penghuninya,” ungkap Anton.

Foto: weather/ Anton Petrus

Sejarah mencatat, setelah ledakan pabrik nuklir pada 1986, kota ini langsung dievakuasi, dari 50 ribu orang, kini tidak ada satu pun penduduk yang tinggal di tempat ini. Ditinggalkan penghuninya, foto-foto hasil jepretan Anton menceritakan suasana kota yang mencekam. Anton menggambarkan kota ini bagaikan biduk catur yang belum selesai dimainkan.

Foto: weather/ Anton Petrus

Bagian yang paling mengerikan menurut Anton saat mengambil gambar di kawasan bekas bencana Cyernobyl adalah ruang kelas. “Jika Anda memperhatikan dengan seksama foto di ruangan kelas, telinga Anda seperti akan mendengar suara anak-anak yang bermain dan berlarian,” kata Anton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini