Sukses

Rahasia Menjaga Pakaian Berwarna Putih Tidak Menjadi Kusam

Ternyata inilah caranya untuk membuat warna pakaian tetap putih bersih dan cerah, penasaran? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk ke dalam salah satu orang yang takut mengenakan pakaian putih? Anda takut pakaian putih Anda menjadi kusam jika terlalu sering dipakai atau karena ada yang salah dalam proses pencuciannya? Ya, semua hal ini bisa saja terjadi. Namun, sekarang Anda tidak perlu takut lagi.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Senin (2/5/2016), berikut ini adalah beberapa trik untuk membuat pakaian putih tetap berwarna putih bersih dan cerah.

1. Cuci pakaian putih setelah sekali atau dua kali pemakaian
Bahkan jika Anda tidak dapat melihatnya, sebenarnya keringat dan debu dapat mengubah pakaian putih menjadi kusam dari waktu ke waktu, sehingga sebisa mungkin Anda harus segera mencucinya setelah sekali atau dua kali pemakaian.

2. Bersihkan noda secepat mungkin
Ini harus dilakukan ketika pakaian putih Anda terkena noda seperti kecap atau kopi. Namun, jika nodanya berupa bekas keringat di ketiak atau beberapa bagian lainnya, gosokkan bagian tersebut menggunakan detergen cair, kemudian diamkan pakaian tersebut selama 15 menit di rendaman, sebelum menjemurnya.

3. Selalu pisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna

Ini Rahasia Menjaga Agar Pakaian Putih Anda Tidak Kusam. Sumber : goodhousekeeping.com

Ini adalah sebuah keharusan. Ketika Anda mencampur semua warna pakaian menjadi satu, Anda tidak akan tahu warna apa yang luntur, dan menyebabkan pakaian putih Anda menjadi kusam. Setidaknya jika Anda memisahkannya sebelum mencuci, Anda dapat tetap menjaga warna putih pada pakaian.

4. Pilih deterjen yang menggunakan pemutih
Umumnya, deterjen ini akan membuat warna putih pada pakaian terlihat lebih putih. Jika Anda menggunakan deterjen berwarna biru, maka bukan tidak mungkin pakaian Anda juga lama kelamaan akan terlihat biru.

5. Pastikan ukuran cleaner Anda
Berlebihan atau kurang menggunakan cleaner dapat membuat pakaian menjadi kusam. Mengapa? Karena busa yang dihasilkan terlalu berlebihan atau kurang, sehingga tidak membasuh noda yang seharusnya. Anda cukup menggunakan petunjuk yang ada di dalam botol deterjen yang Anda gunakan.

6. Jangan isi mesin cuci Anda terlalu penuh
Ketika Anda tahu ada sedikit ruang di dalam mesin cuci yang belum terisi, Anda mungkin tidak tahan untuk melemparkan beberapa pakaian lagi, sehingga mesin terisi penuh. Faktanya, ini tidak boleh dilakukan. Pakaian perlu ruang untuk bergerak di dalam mesin cuci agar bisa bersih. Jika Anda mengisi penuh mesin cuci, tidak ada cukup ruang interaksi antara pakaian dengan deterjen, sehingga bersih yang dihasilkan pun tidak maksimal.

7. Gunakan air panas
Semakin panas air yang Anda gunakan, itu akan membunuh semua kuman yang ada pada pakaian Anda. Agar tidak merusak bahan pakaian Anda, perhatikan suhu air yang seharusnya digunakan untuk mencuci pada label pakaian tersebut.

8. Keringkan pakaian sesuai aturan label

Ini Rahasia Menjaga Agar Pakaian Putih Anda Tidak Kusam. Sumber : goodhousekeeping.com

Inilah alasan sebenarnya mengapa pakaian yang terlalu lama berada di lemari juga dapat kusam. Sebaiknya Anda membaca label yang ada di pakaian tersebut untuk mengetahui bagaimana perawatan yang seharusnya dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.