Sukses

Lipstik Mudah Luntur? Simak Tips Berikut

Sering mengalami lipstik yang mudah luntur? Simak tips agar bertahan lama berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Pulasan lipstik yang maksimal dapat membuat tampilan makeup terlihat maksimal. Namun bagaimana jika setelah di tengah hari lipstik mulai pudar dan tidak rapi? Pasti Anda akan sibuk memulas lipstik lagi dan lagi. Agar lipstik Anda tahan lebih lama dan tak mudah pudar ternyata memiliki tips tersendiri. Berikut adalah beberapa cara simpel yang dilansir dari Stylecaster.com, Minggu (1/5/2016).

Pilih tekstur yang tepat
Lipstik dalam tekstur matte (tanpa kilap) akan lebih tahan lama dibanding tekstur glossy yang mengilap karena lipstik matte kandungan pelembap atau minyaknya sedikit sehingga mampu menempel lebih lama di bibir.
Namun terkadang lipstik matte cenderung terasa lebih kering di bibir. Solusinya adalah menggunakan lipstik tekstur satin yang tidak sekering matte namun kandungan pelembap tak sebanyak glossy hingga lebih nyaman di bibir dan lebih awet.
Pilihan lain adalah menggunakan matte lip cream yang tampilannya teyap matte namun lebih nyaman di bibir.

Perbaiki kondisi kulit bibir
Lipstik susah untuk menempel dengan sempurna di kulit bibir pecah-pecah dan kering. Karenanya perbaiki dulu kondisi kulit bibir sebelum menggunakan lipstik.

1. Pulaskan pelembap yang pekat seperti petroleum jelly di bibir lalu gosokkan handuk (sebelumnya basahkan sedikit handuk tersebut dengan air hangat) lalu gosokkan dengan lembut di bibir sampai semua kulit kering terkelupas.

2. Gunakan sedikit air hangat lalu pulaskan kembali pelembap di bibir. Biarkan pelembap meresap seluruhnya di kulit bibir.

3.Cara lain yang lebih simpel adalah menggunakan lip scrub. Pulaskan di bibir dan gosokkan di bibir sampai seluruh kulit kering terkelupas dan gunakan pelembap di bibir.

Gunakan teknik layer
Teknik layer atau lapisan warna membuat warna lipstik tahan lebih lama di kulit bibir jelas Jamie Greenberg, seorang makeup artist.

1. Gunakan lip stain terlebih dahulu di seluruh bibir, lalu gambar garis bibir dengan lip liner untuk mencegah warna lipstik keluar dari garis bibir.

2. Bubuhkan sedikit bedak pada bibir lalu gunakan lipstik di seluruh bibir. Pilih warna stain dan lip liner dalam warna yang sama dengan warna lipstik, atau warna yang mirip.

3.Jika Anda ingin menggunakan lipgloss, maka coba teknik berikut. Sesudah beberapa langkah di atas, katupkan bibir atas dan bibir bawah ke tisu. Bubuhkan lipstik sekali lagi. Lalu tekan bibir atas ke bibir bawah, Terakhir gunakan lipgloss.

Hati-hati saat makan
Saat minum, gunakan sedotan dan jangan katupkan bibir atas dan bibir bawah di gelas. Begitu juga saat makan, jangan biarkan bibir menyentuh makanan. Bawa makanan langsung ke dalam mulut, Sesudahnya, coba jangan seka bibir Anda.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini