Sukses

Ternyata Begini Cara yang Benar Merawat Rambut Ikal

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang rambut ikal susah diatur dan membuat tampilan selalu berantakan. Tapi sebenarnya, perawatan yang tepat wajib dilakukan agar rambut ikal alami Anda selalu terlihat cantik. Berikut adalah beberapa tips cara merawat rambut ikal seperti yang dilansir dari Totalbeauty.com, Minggu (1/5/2016).

Hindari sampo
Setidaknya hindari menggunakan sampo biasa ujar Sheri Harbinger, VP Education of DevaCurl, produsen produk perawatan rambut ikal. Sampo biasa mengandung sulfat, bahan detergen penghasil busa yang membuat rambut jadi kering padahal rambut ikal pada dasarnya sudah kering dan cenderung rapuh.
Shari menyarankan Anda pakai sampo bebas sulfat (sulfate free) diikuti dengan pemakaian kondisioner. Sampo bebas sulfat ini memang tak berbusa namun tak membuat rambut jadi kering seperti sampo biasa.
Usai keramas, jangan menggosok-gosok rambut dengan handuk agar tekstur ikal tidak berantakan. Cukup tekan-tekankan handuk dengan lembut ke rambut basah untuk menyerap airnya.

Jangan sering keramas
Menurut Tippi Shorter dari Aveda, produk perawatan rambut berbasis herba, walaupun Anda menggunakan sampo bebas sulfat, sebaiknya Anda membatasi ritual keramas. Lakukan setidaknya keramas hanya 1 atau 2 kali seminggu agar rambut ikal tak bertambah kering. Jika sulit, coba keramas hanya dengan menggosokkan sampo bebas sulfat ke kulit kepala saja. Saat dibilas sampo akan turun ke batang dan ujung rambut, dan ini menurutnya sudah cukup untuk membersihkan rambut. Pastikan Anda selalu menggunakan kondisioner setelah cuci rambut.

Jangan pernah disisir
Jika rambut disisir maka bentuk ikal akan hancur, rambut menjadi mengembang frizzy dan susah ditata. Karena itu jangan pernah menyisir atau menyikat rambut ikal. Untuk menghindari kusut, sisir rambut dengan jari-jari tangan ataupun dengan menggunakan sisir bergigi jarang saat rambut masih basah. Usai keramas gunakan kondisioner dan saat rambut penuh kondisioner sisir rambut perlahan-lahan. Bilas rambut dan keringkan alami tanpa menggunakan hairdryer.

Jangan gunakan hairdryer
Hembusan angin dari hairdryer akan membuat tekstur ikal jadi buyar sehingga rambut jadi mengembang berantakan. Namun, jika ingin menggunakan hairdryer gunakan diffuser berbentuk corong yang dipasang di mulut hairdryer. Corong ini membantu untuk mengarahkan angin dari hairdryer dengan lembut sehingga tekstur ikal tetap terjaga rapi.

Hindari produk tata rambut yang mengandung silikon
Penambahan bahan silikon pada produk tata rambut memang membuat rambut terlihat lebih mengilap namun sebenarnya bahan ini tak dianjurkan, karena menurut Sheri bahan silikon ini akan menutup lapisan luar rambut sehingga kelembapan tak mampu menembus sampai ke korteks rambu, akibatnya rambut ikal pun jadi lebih kering. Pelajari kandungan bahan yang ada dalam produk rambut, Jika produk itu mengandung bahan yang dalam akhir katanya terdapat kata cone (seperti silicone, dimethicone), conol (seperti dimethiconol), siloxane (seperti cyclopentasiloxane) itu berarti produk tersebut mengandung silikon.

Jangan terlalu sering di-blow atau catok

Sesekali di-blow ataupun catok rambut lurus tentu tak masalah, namun jika tiap usai keramas Anda melakukannya selain rambut akan tambah kering dan rusak. Lama kelamaan ini juga bisa merubah bentuk ikal nya karena sering ditarik. Bentuk rambut berubah tak lagi ikal, namun juga tidak bergelombang maupun lurus sehingga nampak berantakan.

Perlakukan dengan lembut saat tidur
Sebelum tidur rambut ikal Anda terlihat cantik, namun saat bangun berubah berantakan mengembang dan bentuk ikal nya juga buyar. Ini terjadi karena saat tidur rambut bergesekan dengan sarung bantal. Agar rambut indah gunakan sarung bantal dari kain yang licin seperti satin ataupun sutra. Begitu pula jika Anda mengenakan topi. Agar saat dibuka tekstur ikal tidak buyar, lapisi bagian dalam topi dengan kain yang licin.

(Ardi Suryaatmaja)

Artikel Selanjutnya
Sayang Rambut, Jangan Keramas Tiap Hari
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Rambut Rontok