Sukses

Oscar Lawalata Unjuk Kepedulian Lewat 150 Busana Kain Nusantara

Desainer papan atas Indonesia, Oscar Lawalata menggelar pameran bertajuk "I Am Indonesian" di Museum Nasional hingga 2 Mei 2016 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Oscar Lawalata seakan tak pernah letih untuk berkarya dan bergulat dengan aneka ragam kain Nusantara. Desainer papan atas Indonesia yang satu ini kembali membuat sebuah pergerakan dalam rangka melestarikan keanekaragaman budaya yang bertajuk "Berbeda-beda Tapi Tetap Satu Jua".

Bekerjasama dengan Museum Nasional Indonesia dan Yayasan Jantung Indonesia sebuah pameran berjudul "I Am Indonesia" digelar di Museum Nasional ini hingga 2 Mei 2016 mendatang. Bertepatan dengan ulang tahun Museum Nasional Indonesia ke-238, pameran ini memperlihatkan 150 Koleksi busana kain nusantara karya desainer Oscar Lawalata. Semua koleksi tersebut berada dalam brand Oscar Lawalata Culture. Eksplorasi keunikan dan kekayaan warisan budaya Nusantara yang dipadu dengan inovasi dan ide tak terbatas telah menjadi kekuatan Oscar Lawalata Culture selama lebih dari 10 tahun berkarya. Dengan mewujudkan keindahan setiap kain dari beragam daerah di Indonesia yang dibalut dalam desain teknik bordir yang apik. 

150 koleksi busana kain Nusantara Oscar Lawalata Culture.

Detail dari setiap bordir yang ada pada busana bersiluet kebaya longgar garapan Oscar Lawalata kali ini, mewakili motif khas setiap daerah. Terlihat bordir halus bermotif parang yang dipadu kain bermotif bunga khas pesisiran yang cantik. Tak ketinggalan kain khas tenun NTT yang anggun dipadukan dengan atasan etnik dengan permainan warna-warna natural seperti merah bata, jingga, cokelat dan maroon. 

Detail bordir yang terlihat begitu apik menggambarkan motif khas dari masing-masing daerah kain Nusantara.

"Kali ini Saya ingin membangkitkan rasa nasionalisme untuk mencintai kekayaan bangsa kita sendiri melalui kain Nusantara. Saya sangat mencintai kebudayaan Indonesia, maka dari itu pameran I Am Indonesian ini diharapkan dapat mengingatkan dan membangun rasa kepedulian pada ragam budaya Indonesia," ujar Oscar saat ditemui oleh Liputan6.com pada hari Sabtu (30/4/2016)

Oscar Lawalata ungkapkan cinta yang tulus terhadap keragaman budaya Indonesia, melalui 150 koleksi busana kain Nusantara.

Dengan dukungan dari berbagai pihak yang telah membuka banyak pintu dan kesempatan bagi pelestarian budaya, Oscar Lawalata berharap hal ini dapat menginspirasi dan menarik khalayak publik yang lebih luas untuk bersama-sama mencintai keindahan budaya Indonesia. Sebuah dedikasi yang ia persiapkan selama satu tahun ini merupakan wujud kebanggaan sebagai rakyat Indonesia dan bentuk cinta yang tulus terhadap keragaman kepada budaya leluhur dengan penuh makna. Bravo!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini