Sukses

7 Tempat Terindah untuk Melihat Fajar dan Senja di Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta Yogyakarta dengan segala macam daya tariknya selalu bisa membuat siapapun kangen. Kangen untuk kembali, kangen untuk menjelajahi, kangen untuk mengunjungi lagi kota yang satu ini. Yogyakarta memang istimewa di setiap hati para pengunjungnya. Dari setiap destinasinya, hingga setiap cahaya mentari yang menyinarinya. Tak terkecuali Cinta dan Rangga yang menikmati fajar dan senja di sekitar Yogyakarta. Tepatnya di Punthuk Setumbu Magelang.

Namun sebenarnya masih banyak tempat menarik lainnya di sekitar Yogyakarta untuk menikmati fajar maupun senja selain di Punthuk Setembu. Cahaya pagi hari dan cahaya senja di ujung hari pun selalu dinanti siapapun yang sedang berkunjung ke kota Yogyakarta. Entah itu cahaya mentari pagi yang segar, atau cahaya sore hari yang syahdu. Yang jelas, beragam tempat ini akan membuat Anda mengharu biru. Berikut 7 tempat menikmati fajar dan senja di sekitar Yogyakarta.

 1. Menikmati semburat pagi di Candi Borobudur, Magelang

 

Foto kiriman Wonderful Jogja (@wonderfuljogja) pada

Tempat ini menjadi salah satu yang mendunia setelah Mark Zuckerberg memamerkan foto sunrise dari puncak candi Borobudur. Tak heran jika sunrise yang dilihat dari Candi Borobudur, indahnya akan selalu abadi dan tak bosan untuk dinikmati. Hampir setiap wisatawan yang datang ke Yogyakarta akan berkunjung ke Candi Buddha terbesar yang diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia ini. Hanya butuh waktu dua jam perjalanan untuk mencapai Borobudur dari Yogyakarta.

2. Hangatnya mentari Puncak Suroloyo

 

Foto kiriman Dwi Susanto (@otnasusdwi) pada

Untuk mencapai Puncak Suroloyo memang bukanlah perjuangan yang mudah, ada sekitar 300 anak tangga yang harus dilewati mulai dari pagi buta. Dari puncak ini anda bisa melihat mentari yang perlahan akan muncul dari balik cakrawala, lalu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu juga mulai menampakkan diri dengan perlahan karena tertimpa cahaya.

Puncak Suroloyo berada di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Puncak Suroloyo bisa dicapai dari Kota Yogyakarta dalam waktu kurang lebih satu jam. Menariknya, dari menara pantau tertingginya yaitu pada ketinggian 1.019 mdpl, anda bisa melihat empat gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

3. Senja syahdu di Candi Ijo 

 

Foto kiriman Galeri Jogja Jateng (@jogjajateng) pada

Candi Ijo ini adalah satu satunya candi tertinggi di Yogyakarta yang bisa membuai pengunjungnya dengan relief bersejarah yang cantik. Selain itu dari Candi Ijo ini ada bisa melihat panorama kota Yogyakarta dengan sudut pandang yang luas. Apalagi ketika menjelang senja sore hari, pemandangan sunset di Candi Ijo ini tidak ada duanya.

Candi Ijo ini dibangun pada abad ke-9, di sebuah bukit yang dikenal masyarakat dengan nama Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. Ketinggian bukit ini adalah sekitar 410 meter di atas permukaan laut. Karena ketinggiannya inilah, maka bukan hanya candi saja yang bisa dinikmati disini. Tetapi juga pemandangan alam di bawahnya, berupa lahan pertanian penduduk dengan kemiringan yang cukup curam. Candi Ijo ini lokasinya tidak jauh dari Candi Ratu Boko.

4. Menikmati senja berdua saja di Bukit Parang Endog

 

Foto kiriman سر ي مليا ني (@nci_af) pada

Menuju sedikit ke Selatan, Yogyakarta mempunyai Pantai Parangtritis yang sudah terkenal sejak dahulu. Tetapi sebenarnya tidak hanya bisa bermain di pantainya. Agak sedikit ke arah timur ada sebuah bukit dengan pemandangan senja istimewa, ditambah latar belakang berupa pantai. Namanya adalah bukit Parang Endog. Di tempat ini Anda bisa bermain olahraga paralayang, atau hanya sekadar duduk – duduk sambil menikmati senja, menunggu matahari kembali ke peraduan.

5. Romantisme senja di Kalibiru.

 

Foto kiriman NeverStopExploring✈️ (@meiyin_tan) pada

Suasana romantis Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Masih di daerah Pegunungan Menoreh, Anda bisa menemukan sebuah hutan wisata Kalibiru dengan pemandangan sunset menawan. Kalibiru awalnya booming melalui sebuah social media. Lokasinya berada di hutan wisata tepatnya berada di Desa Kalibiru, Kecamatan Kokap, Kulon Progo.

6. Senja mistis di Candi Ratu Boko.

 

Foto kiriman @upiecupi pada

Candi ratu Boko ini merupakan salah satu tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Candi ini sejatinya adalah sebuah istana, sebuah bangunan megah yang dibangun pada era pemerintahan Rakai Penangkaran. Dia adalah salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Sebelumnya Istana Ratu Boko ini bernama Abhayagiri Vihara, yang berarti biara di bukit penuh kedamaian. 

7. Indahnya menyambut pagi dari Punthuk Setumbu

 

Foto kiriman Capturing The Beauty (@budi_soemitro) pada

Salah satu tempat yang akan semakin hits karena merupakan lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Punthuk Setumbu merupakan tempat Cinta dan Rangga menyelesaikan kisah cintanya yang sempat menggantung. Lokasinya berada di Magelang yang tidak jauh dari Candi Borobudur. Pemandangan yang tak bisa dilewatkan adalah saat mentari mulai menghujani Candi Borobudur dengan semburat pagi yang menguning. Indahnya tak akan terlupakan.

Itulah 7 tempat menikmati Fajar dan Senja di sekitar Yogyakarta. Untuk bisa menuju Yogyakarta dengan tiket pesawat murah. Anda bisa memesannya secara online melalui Reservasi.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.