Sukses

Begini Fakta Tubuh yang Susah Tidur Walau Tubuh Lelah

Anda sering mengalami kelelahan di malam hari, namun sulit tidur? Simak alasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah merasakannya, saat berada di kantor, satu hal yang sangat Anda inginkan adalah pulang ke rumah dan tidur. Namun, ketika tiba waktunya bagi Anda untuk pulang, Anda masih ingin keluar makan malam bersama dengan teman-teman dengan tubuh yang sangat lelah. Sesampai di rumah, Anda justru tidak dapat tidur. Anda melakukan segala hal, seperti mendengarkan musik, bermain komputer, menulis puisi, dan terbangun hingga pukul 3 pagi. Terdengar familiar, bukan? Dan hal ini tidak terjadi sekali dua kali saja, hampir setiap hari Anda mengalaminya.

Dilansir dari elle.com, Kamis (28/4/2016), ternyata inilah alasan mengapa Anda tidak bisa tidur di malam hari, walaupun tubuh Anda terasa sangat lelah.

Faktanya, tidak ada aturan tertentu kapan seharusnya seseorang tidur. Salah satu konsultan kesehatan bernama E. Jean pernah melakukan perjalanan liburan selama seminggu ke Pegunungan Star, Papua Nugini dan menemukan kelompok wanita di satu desa yang tidur di malam hari, sedangkan kelompok pria tidur di pagi harinya. Di desa lainnya, dengan bahasa dan kebudayaan yang berbeda, Jean menemukan semua orang memutuskan untuk tidur di saat matahari terbenam.
Hal ini menunjukkan bahwa tempat berbeda dengan kebudayaan yang berbeda dapat berpengaruh terhadap waktu untuk tidur bagi seseorang.

Anda terbiasa terjaga di malam hari? Yang bisa Anda lakukan adalah menikmatinya.

Jika Anda merasa hal ini mengganggu pekerjaan Anda, maka cobalah untuk mengatakan kepada atasan apa yang Anda alami dan mintalah untuk menukar jadwal masuk Anda menjadi siang hari. Namun, jika ini tidak berhasil, Anda harus mendapatkan cara untuk mengatasi tubuh lelah di siang hari.

Ambil waktu sekitar 20 menit saat jam makan siang, matikan ponsel Anda, dan tidurlah. Atau jika Anda memiliki ruangan tersendiri, tutup pintu ruangan dan tidurlah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat membuat Anda menjadi lebih waspada.
Sedangkan penelitian terbaru menyatakan bahwa dengan memakan buah ceri atau jus organik yang 100% terbuat dari ceri dapat membuat Anda merasa segar kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.