Sukses

6 Tips Berkencan Efektif bagi Anda yang Sudah Bercerai

Bercerai bukan akhir dari segalanya. Simak 6 tips kencan efektif bagi Anda yang sudah bercerai.

Liputan6.com, Jakarta Perceraian memang menimbulkan luka yang mendalam, namun bukan berarti Anda harus melepaskan kesempatan untuk mendapatkan cinta yang baru. Tips untuk berkencan bagi Anda yang sudah bercerai pun datang dari banyak orang seperti orangtua, teman kantor, sahabat, bahkan mungkin mantan pasangan.

Bercerai dengan seseorang yang pernah kita cintai bisa jadi keputusan terbaik yang pernah Anda ambil, namun tetap ada perubahan yang sensitif dan beberapa tahap menyakitkan yang harus Anda lewati. Jika Anda sudah selesai melewati tahap-tahap sulit tersebut dan siap untuk kembali ke 'lapangan', dilansir dari Lovepanky pada Kamis (28/4/2016), simak tips berikut.

1. Jangan malu akan status Anda yang sudah bercerai
Setelah menjalani pernikahan selama beberapa tahun atau bahkan hanya untuk waktu yang singkat, Anda harus memberikan waktu kepada diri sendiri untuk menyesuaikan diri. Ada banyak aktivitas sebagai seorang single yang pernah Anda tinggalkan karena menikah, seperti karir, agama, atau rutinitas tertentu. Belajarlah untuk kembali menjalani hidup sebagai seorang single. Lanjutkan kembali hobi Anda yang sempat Anda tinggalkan, kembali aktif ngegym, bertemu dengan sahabat-sahabat lama. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia sebelum menyediakan tempat bagi orang baru di hidup Anda. Tak ada salahnya mengintrospeksi diri dan menganalisa apa yang salah pada pernikahan Anda sebelumnya agar Anda tak mengulangi kesalahan yang sama.

2. Anda bukan satu-satunya orang yang sudah bercerai
Bicaralah pada orang-orang yang sudah pernah berada di situasi yang sama sebelumnya. Terkadang lebih mudah untuk terbuka kepada orang-orang yang sudah pernah bercerai sebelumnya karena pasti ada di antara mereka yang kembali berkencan bahkan sudah menemukan cinta yang baru. Mintalah petunjuk akan apa yang bisa diharapkan saat Anda kembali berkencan setelah bercerai, dan bagaimana situasi dating scene yang terbaru. Hal-hal yang Anda dapatkan dari sesama orang yang pernah bercerai akan membuka mata Anda dan mengurangi keraguan dan rasa khawatir, apalagi jika orang-orang tersebut sudah menemukan kebahagiaan baru.

3. Tentukan standar dalam menemukan pasangan baru
Jangan merasa rendah diri karena Anda pernah bercerai. Anda tetap harus mempertahankan nilai-nilai yang Anda percayai terutama karena Anda sudah pernah mengalami kegagalan. Anda lebih tau apa yang dicari dari seorang pasangan secara spesifik. Apakah Anda ingin pasangan yang bisa menerima anak-anak Anda? Bagaimana dengan perbedaan agama atau gaya mengasuh anak? Jangan mau berkencan dengan seseorang yang tidak sesuai dengan standar Anda karena merasa tidak percaya diri dengan status terbaru. Setiap orang berhak mendapatkan pasangan yang terbaik dalam hidupnya.

4. Berkencan satu tahun setelah bercerai
Ada yang langsung terjun ke dating scene setelah bercerai, namun banyak juga yang membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkan luka sebelum kembali berkencan dengan orang baru. Setiap orang memiliki batasan waktu yang berbeda-beda, pastikan bahwa Anda takkan mengulangi kesalahan yang sama. Jujurlah pada diri sendiri dan jangan sembunyikan fakta bahwa Anda sudah bercerai. Anda harus memulai dengan kejujuran dan tak perlu merasa bahwa perceraian membuat Anda kurang menarik. Sebaliknya, orang yang sudah pernah bercerai seharusnya lebih dewasa dan bijak dalam menjalani suatu hubungan.

5. Berkencan beberapa tahun setelah bercerai
Jika Anda membutuhkan waktu yang lama sebelum mulai kembali berkencan, situasi yang baru bisa menimbulkan stres. Saat Anda sudah terbiasa dengan rutinitas hidup yang baru sebagai seorang single, Anda mungkin sudah lupa bagaimana caranya berkencan. Anda akan cenderung menjaga diri karena sudah terbiasa memenuhi kebutuhan diri sendiri dan Anda tak ingin orang mengganggu hidup Anda yang sudah lebih tenang setelah bercerai. Ingat, Anda berkencan tidak untuk langsung menikah, jadi jangan takut untuk bertemu orang baru dan menikmati waktu dengan orang-orang baru. Anda bisa memasukkan orang baru dalam kehidupan Anda tanpa harus mengubah hal-hal yang membuat Anda bahagia. Tujuannya adalah menemukan orang yang bisa menghargai jadwal, rutinitas, kebutuhan dan keinginan Anda.

6. Keberadaan anak penting untuk Anda perhatikan
Dengarkan anak-anak Anda karena meskipun Anda sudah siap untuk bertemu dan berkencan dengan orang baru, anak-anak bisa saja merasa tidak nyaman dan insecure tentang masa depan mereka tanpa orangtua yang utuh. Bicaralah pada anak-anak dan cari tau bagaimana perasaan mereka, dengarkan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam benak mereka, dan pahami keraguan yang mereka rasakan. Anda harus bersabar terhadap anak-anak jika Anda berencana mengenalkan orang baru dalam hidup mereka. Jika Anda sudah merasa cocok dengan seseorang, pastikan anak-anak punya waktu untuk mengenal dan mendekatkan diri dengan pasangan baru Anda melalui kegiatan yang melibatkan pasangan baru Anda dan anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.