Sukses

Berikut Cara Memasukkan Unsur Seni Dalam Dekorasi Rumah

Bingung memasukkan unsur seni ke dalam rumah? Simak caranya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda telah memiliki rumah, sebagian dari Anda ingin bereksperimen dengan seni. Faktanya memasukkan unsur seni ke dalam dekorasi sebuah rumah tidak semudah itu. Memang tidak harus menjadi seorang seniman terlebih dahulu, namun setidaknya beberapa tips yang dilansir dari elle.com, Kamis (28/4/2016) bisa menjadi inspirasi. Cara berikut ini juga dapat membantu Anda dalam memilih unsur seni yang sesuai dengan kepribadian dan membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan.

1. Gaya menata pajangan dinding
Tren dekorasi rumah di tahun 2016 ini jauh lebih sederhana daripada sebelumnya. Anda tidak harus menggantung tinggi-tinggi semua karya seni yang Anda miliki, letakkan saja di bawah atau sandarkan di tembok untuk mempermudah Anda.

Namun, jika Anda bersikeras ingin menggantung karya seni yang Anda buat sendiri, di sini ada aturannya. Bagian bawah dari barang yang akan digantung setidaknya harus berjarak sekitar 8 sampai 16 cm dari sofa atau meja. Ya, gantungkan secara rendah.
Ini mempermudah Anda melihat inti dari barang yang digantung sejajar dengan level mata.

Jika Anda berencana menggantung lebih dari satu barang dalam satu baris, panduannya sama, gantungkan dengan jarak 8-16 cm dari furnitur Anda dan sejajar. Ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang teratur.

Ini Caranya Memasukkan Unsur Seni Ke Dalam Dekorasi Rumah Anda. Sumber : elle.com

Namun, jika Anda bosan dengan hiasan yang digantung, rak dan perapian dapat menjadi alternatif. Tempat lainnya yang sedang populer untuk meletakkan dekorasi di dalam rumah adalah lantai. Letakkan dekorasi rumah Anda di lantai dan ini akan memberikan sedikit ruang perhatian kepada lantai Anda dan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang santai, ramah, dan terbuka.

2. Sebuah warna untuk setiap mood
Pilihlah tone warna sesuai dengan yang Anda inginkan dalam suasana sebuah ruangan di dalam rumah Anda. Contohnya, abu-abu adalah warna yang menenangkan, sehingga warna ini dapat menjadi pilihan untuk kamar tidur Anda dengan gradasi warna berbeda dari abu-abu. Atau kuning yang menunjukkan suasana hati ceria dan terbuka, sehingga warna ini sangat cocok diaplikasikan di dalam ruang tamu rumah Anda.

Sedangkan karya seni atau barang-barang dengan warna merah atau oranye sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruang makan, karena dapat memicu diskusi yang hidup saat acara makan bersama keluarga.

Ini Caranya Memasukkan Unsur Seni Ke Dalam Dekorasi Rumah Anda. Sumber : elle.com

Bagaimana dengan warna putih? Ternyata beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa warna putih juga dapat menunjukkan kepribadian tertentu ke dalam sebuah ruangan di dalam rumah, ini tidak sepenuhnya benar. Ada alasan tertentu mengapa hampir semua dinding galeri seni berwarna putih, agar membuat pengunjung hanya fokus pada karya seni yang dipamerkan. Sehingga jika mayoritas dinding di dalam rumah Anda berwarna putih, lebih baik persiapkan juga hiasan atau dekorasi yang berwarna-warni.

3. Tata kamar Anda dengan berbagai potongan karya seni
Untuk memulainya, Anda harus menemukan titik fokus Anda. Berjalanlah ke kamar dan perhatikan di mana pandangan mata Anda pertama kali mendarat. Tempat tersebut sempurna untuk karya seni utama Anda. Sisanya, Anda hanya tinggal menyesuaikan saja. Tema ruangan bukan keseluruhan dari proses desain Anda, namun ia dapat menjadi pemersatu semua desain yang ada di dalam ruangan tersebut.

Ini Caranya Memasukkan Unsur Seni Ke Dalam Dekorasi Rumah Anda. Sumber : elle.com

Intinya, Anda hanya perlu mengetahui nuansa dan kehidupan di dalam ruangan tersebut. Jika karya seni tersebut adalah makanan, maka benda tersebut cocok untuk dekorasi dapur. Jika karya seni tersebut dapat membuat semua orang tertawa, maka tepat untuk dipajang di ruang tamu.

4. Jangan lupakan kamar mandi!
Kamar mandi juga dapat menjadi sebuah ruangan untuk menunjukkan kepribadian Anda melalui beberapa karya seni yang Anda letkakan di sana. Selain itu, Anda juga menyuguhkan sesuatu yang berbeda kepada para tamu yang datang ke rumah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini