Sukses

Tahukah Anda, Ternyata Warna Seprai Dapat Menarik Datangnya Kutu

Ternyata kutu kasur bereaksi terhadap warna seprai pada tempat tidur Anda, penasaran seperti apa? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Kutu kasur ternyata memiliki selera spesifik terhadap warna seprai yang Anda gunakan. Dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan secara online di Journal of Medical Entomology, para peneliti menguji beberapa warna yang umumnya disukai oleh kutu kasur. Para peneliti meletakkan beberapa potongan kecil kartu dengan delapan warna berbeda dalam sebuah cawan, seperti dilansir dari goodhousekeeping.com, Rabu (27/4/2016).

Butuh sekitar 10 menit sebelum akhirnya para kutu kasur memilih dua warna favorit mereka, yaitu merah dan hitam. Warna merah dinyatakan sebagai warna yang tidak hanya dapat menarik datangnya kutu kasur, namun juga serangga kecil lainnya untuk singgah di tempat tidur Anda.

"Pada awalnya, kami berpikir bahwa mungkin kutu kasur tertarik pada warna merah, karena darah yang juga merupakan makanan mereka berwarna merah. Namun, setelah melakukan penelitian, alasannya ternyata karena warna tubuh kutu kasur sendiri juga merah, sehingga mereka sangat senang dengan warna merah. Selain itu, lebih mudah bagi mereka untuk bergerombol dengan kawanannya di seprai yang berwarna merah, karena tidak akan terlihat," jelas Corraine McNeill, asisten profesorbiologi di Union College, Nebraska.

Tahukah Anda, Ternyata Warna Seprai Dapat Menarik Datangnya Kutu! Sumber : goodhousekeeping.com

Sedangkan berdasarkan hipotesis para ilmuwan, kutu kasur juga menyukai warna hitam karena mereka cenderung mencari kegelapan. Sebagian besar kutu kasur adalah makhluk nokturnal atau aktif di malam hari, sehingga mereka akan bersembunyi di sudut-sudut tempat tidur sebelum akhirnya keluar untuk mencari darah.

Tahukah Anda, Ternyata Warna Seprai Dapat Menarik Datangnya Kutu! Sumber : goodhousekeeping.com

"Serangga biasanya menggunakan isyarat visual untuk berbagai perilaku, seperti bertelur atau mencari perlindungan, dan seringkali isyarat visual ini didasarkan pada persepsi warna.

Tahukah Anda, Ternyata Warna Seprai Dapat Menarik Datangnya Kutu! Sumber : goodhousekeeping.com

Menurut Entomological Society of America, Anda beruntung jika memiliki warna seprai berwarna kuning atau hijau, karena tampaknya para kutu kasur tidak menyukai kedua warna terang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini