Sukses

Gawai Anda Tercebur Air? Lakukan Hal Ini Segera

Tak ada yang bisa menjamin gawai Anda akan selalu aman di tangan. Jika tercebur atau terkena air, lakukan hal ini segera.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin hal ini bisa jadi salah satu mimpi buruk dalam hidup Anda. Ketika tanpa sadar Anda telah menjatuhkan gawai, seperti smartphone atau tablet ke bak mandi atau bahkan lebih buruk ke toilet.

Selain itu, bisa jadi hal tersebut terjadi ketika Anda bermain di dekat kolam renang atau bahkan saat menembus hujan deras. Beruntung, jika gawai Anda memiliki teknologi water resistant, tetapi sudah pasti harganya cukup mahal.

Sedangkan, tidak semua aspek kerusakan tercakup oleh layanan klaim garansi gawai Anda. Hal yang cukup menyedihkan mungkin bukan perihal gawai, tetapi isi, seperti foto, percakapan, kontak, dan lagu-lagu kesayangan Anda.

Namun jangan panik, karena selalu ada pertolongan pertama jika gawai Anda tercebur atau terkena air. Seperti dilansir dari Brightside.me, Senin (25/4/2016), berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan gawai jika tercebur atau terkena air.

1. Angkat gawai Anda dari air secepatnya

Kita tahu bahwa itu merupakan langkah pertama yang pasti Anda ambil walau selalu ada pikiran tindakan tersebut sudah terlambat. Namun, tak ada salahnya untuk segera mengambil gawai Anda dari dalam air. Bagaimana pun, setiap detiknya berharga dan jika beruntung, Anda masih bisa sempat mematikan gawai.

2. Langsung matikan gawai Anda
Walaupun, gawai Anda bisa mati dengan otomatis ketika tercebur ke dalam air, jangan pernah coba untuk langsung menyalakannya. Namun, jika saat tercebur masih menyala, segera matikan gawai Anda untuk menghindari korsleting sirkuit.

3. Cabut baterai gawai Anda (jika memungkinkan)
Jika memungkinkan segera lepaskan baterai gawai Anda setelah mematikannya. Apabila, baterai gawai Anda tidak bisa dilepas, seperti Iphone, lewati langkah ini. Dengan mencabut baterai, gawai Anda akan terhindar dari kemungkinan terbakar oleh arus pendek yang terjadi.

4. Cabut kartu SIM dan memory card atau semua komponen data penting
Cabut semua kartu yang merupakan komponen penyimpan data, seperti kartu SIM dan memory card. Setelah itu, buka semua komponen yang mungkin bisa dibuka, seperti tutup baterai dan casing. Lalu, keringkan dengan handuk atau kertas yang cepat menyerap air.

5. Taruh di vacuum bag
Mungkin masih ada bagian yang sulit dikeringkan hanya dengan kertas atau handuk. Gunakan kantong plastik dan buatlah hingga menjadi hampa sehingga air yang masih terjebak di dalam gawai Anda kering.

6. Benamkan gawai Anda di dalam beras
Hal ini bukanlah sekedar mitos, tetapi sudah terbukti ampuh. Benamkan gawai Anda ke dalam beras dan jangan pernah coba untuk menyalakannya serta biarkan dalam dua hari. Beras akan menyerap sisa-sisa air yang masih terjebak di dalam gawai Anda.

7. Coba untuk nyalakan dan optimis-lah
Walaupun teknisi pun tak menjamin bahwa gawai yang tercebur ke dalam air masih bisa menyala dengan normal, namun, tak ada salahnya untuk berpikiran optimis. Setelah dua hari membenamkan gawai Anda di dalam beras, cobalah untuk memasang baterai dan menyalakan kembali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini