Sukses

Puluhan Band Pelajar Akan Ramaikan Student Jazz Festival

Banyuwangi Festival yang digelar tiap tahun menjadi ajang pesta rakyat dengan berbagai pergelaran seni, tak terkecuali Musik Jazz.

Liputan6.com, Jakarta Banyuwangi Festival yang digelar tiap tahun menjadi ajang pesta rakyat dengan berbagai pergelaran seni, tak terkecuali Musik Jazz. Namun yang menarik, jika suguhan musik Jazz biasanya menampilkan jejeran artis papan atas nasional, kini giliran para pelajar yang diberi panggung untuk menunjukan kemampuannya bermain musik Jazz.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (21/4/2016), gelaran yang diberi nama Student Jazz Festival (FSJ) 2016 ini akan berlangsung 22-23 April, bertempat di lapangan parkir Stadion Diponegoro. 

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, “Potensi bermusik di lingkungan pelajar sangat besar. Karena itu mereka perlu diberi wadah untuk menyalurkan bakat yang dimiliki. Student Jazz Festival ini akan menjadi panggung sekaligus batu loncatan bagi mereka yang memang serius di jalur ini.”

Lebih jauh dirinya mengungkapkan, melalui festival ini pemerintah ingin membuka wawasan yang lebih luas bagi anak-anak muda terhadap musik, khususnya Jazz. Dengan adanya festival ini diharapkan bisa memberikan energi positif bagi para pelajar dan menjauhkan mereka dari tindak negatif.

Musik jazz merupakan genre musik yang membutuhkan kemampuan khusus untuk memainkannya. Terutama kemampuan improvisasi yang lebih ketimbang musik lain. Musik ini juga memiliki sub-genre yang banyak seperti swing, jazzfusion, smooth jazz. Dengan memainkan musik Jazz tentunya akan memperkaya wawasan bermusik bagi pelajar.

Tidak hanya untuk menyalurkan bakat, melalui festival ini kemampuan bermusik para pelajar juga akan ditingkatkan. Dua musisi jazz profesional, Nikita Jeffrey Dompas dan Indra Azis hadir memberikan wejangan.

Nikita merupakan seorang gitaris Jazz yang mewakili generasi muda berbakat dalam kancah musik Jazz tanah air. Sedangkan Indra Azis merupakan profesional coach musik.

“Mereka akan memberikan sentuhan jazz yang berkualitas pada musikalitas para pelajar. Tentunya ini akan memberikan pengalaman yang seru bagi mereka,” ujar Anas.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiyono, Student Jazz akan diikuti lebih dari 40 grup band pelajar tingkat SMA se-kabupaten Banyuwangi. Selain band pelajar dalam daerah, beberapa band pelajar luar kota juga akan ikut meramaikan pentas ini. Di antaranya dari Surabaya, Malang, dan Denpasar. Setiap band akan membawakan 2 lagu yang diaransemen Jazz yang salah satunya wajib lagu daerah.

“Untuk pelajar Banyuwangi wajib lagu Using sedangkan luar daerah bisa membawakan lagu daerahnya masing-masing,” kata Sulih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.