Sukses

Freckles Muncul di Wajah Karena Alasan Ilmiah, Simak di Sini

Liputan6.com, Jakarta Bintik-bintik yang muncul di wajah atau biasa disebut sebagai freckles sedang menjadi sebuah tren yang sangat digandrungi oleh kaum pria maupun wanita saat ini. Bahkan banyak makeup artist papan atas membuat freckles dari riasan wajah untuk tampilan awet muda.

Jadi, jika Anda memiliki freckles secara alami, mungkin itu adalah salah satu keberuntungan Anda saat ini.

Freckles tidak hanya akan membuat Anda tampak menonjol, namun sebenarnya ada alasan yang menarik di balik munculnya freckles pada wajah seseorang.

Dilansir dari marieclaire.com, Jumat (15/4/2016), SciShow melalui serial yang diunggah di YouTube menjelaskan bahwa freckles diproduksi oleh sel yang disebut sebagai melanosit. Sel ini dapat membentuk area kecil di kulit yang mengalami peningkatan melanin.

Anda tidak perlu khawatir, melanin adalah protein yang menghasilkan warna kulit, mata, dan rambut Anda, sehingga jika ia diproduksi terlalu berlebihan, akan menjadi bintik-bintik atau freckles.

Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa freckles muncul pada saat wajah terpapar sinar matahari terlalu lama.

Freckles Muncul di Wajah Karena Alasan Ilmiah, Simak di Sini. Sumber : marieclaire.com

Namun, bukan berarti bahwa freckles adalah penanda bahwa Anda telah berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama. Faktanya, freckles dapat menjadi tabir surya alami yang melindungi kulit Anda dari sinar UV. Sekali lagi, bukan berarti Anda diperbolehkan tidak menggunakan sunscreen ber-SPF. Tidak peduli apapun yang terjadi, sunscreen adalah sesuatu yang sangat penting untuk kulit wajah Anda.

Freckles Muncul di Wajah Karena Alasan Ilmiah, Simak di Sini. Sumber : marieclaire.com

Freckles muncul dan hilang tergantung pada seberapa banyak wajah Anda terpapar sinar matahari. Inilah sebabnya, terkadang pada beberapa orang, freckles justru menghilang di musim dingin.

Tidak perlu khawatir, keunikan apa pun yang tubuh Anda miliki, hal itu akan membuat Anda semakin menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini