Sukses

Banyuwangi Gelar Festival Arung Jeram di Destinasi Wisata Baru

Dalam rangka mengenalkan keindahan Sungai Badeng, Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Rafting dan Tubing.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mengenalkan destinasi wisata baru, Kabupaten banyuwangi menggelar Festival Rafting dan Tubing Sungai Badeng yang ada di Kecamatan Songgon. Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/4/2016), festival arung jeram ini akan digelar dua hari, 16 dan 17 April 2016.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda mengatakan, Sungai Badeng telah berkembang menjadi lokasi wisata olahraga air. “Di sana dari tubing menggunakan ban, lalu berkembang kini ada rafting dengan perahu karet. Sudah mulai banyak wisatawan yang menikmati wisata ini. Untuk menggencarkannya kami gelar festival arung jeram di sini,” ungkapnya.

Festival Rafting dan Tubing Sungai Badeng sendiri baru pertama kali digelar di Banyuwangi. Festival ini akan memanjakan penggila olahraga arung jeram dengan sungai yang memiliki kedalaman lebih dari dua meter. Tak hanya itu, tantangan lainnya adalah banyaknya batuan muda di sekitar sungai yang meski deras namun debit airnya tidak terlalu banyak. Tiap tim akan melakukan pengarungan sejauh 3 kilometer yang akan ditempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam.

“Para peserta juga akan kami ajak kampanye lingkungan hidup dengan memunguti sampah di sekitar lokasi. Sebagai bentuk mengajak mereka terus menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di daerah destinasi wisata,” kata Bramuda menambahkan.

Kehadiran Festival Rafting dan Tubing Sungai Badeng melengkapi gelaran sport tourism dalam rangkaian 53 event Banyuwangi Festival 2016. Tak hanya arung jeram, beberapa sport tourism lainnya juga akan dan telah digelar di kabupaten berjuluk The Sunrise of Java ini. Beberapa di antaranya adalah Kompetisi Internasional BMX, Underwater Festival, Kite and Wind Surfing, hingga Internasional Run.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini