Sukses

Perut Buncit karena Kembung, Hindari 6 Makanan Ini

Kembung kerap membuat perut terlihat buncit, tetapi beberapa makanan ini bisa mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Adanya gas di perut alias kembung seringkali membuatnya terlihat buncit. Hal itu tentu merugikan karena bisa membuat Anda tampak lebih gemuk dari tubuh yang sebenarnya. Namun jangan khawatir, perut kembung bisa dilawan dengan makanan seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (14/4/2016). 

1. Sayuran tertentu
Marilyn Glenville, penulis Natural Alternative mengatakan, ada sayuran tertentu yang dapat menyebabkan perut kembung. Sayuran tersebut antara lain brokoli, kembang kol, dan kubis. Bagi sebagian orang, sayuran ini tidak dapat dicerna dengan sempurna di usus, mungkin karena kekurangan enzim.

Some cruciferous vegetables such as broccoli cannot be digested properly by some people, perhaps due to a lack of enzymes

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga bisa membuat perut menjadi kembung. Namun sebenarnya mereka baik untuk tubuh karena mengandung lemak tak jenuh. Untuk mengurangi potensinya membuat perut kembung, kacang-kacangan bisa direndam lebih dulu di air dingin yang dicampur dengan jus lemon atau cuka semalaman.

Some spices can trigger the release of stomach acid which can cause irritation in your gut

3. Rempah
Meski mengandung senyawa aktif yang bermanfaat, tetapi beberapa rempah juga dapat memicu asam lambung. Bahan-bahan ini dapat terfermentasi di lambung dan menyebabkan kembung.Although you might think it takes your mind off eating food, Dr Glenville warns it can make you 'swallow air' which causes bloating and stimulates hunger

4. Permen karet
Mungkin permen karet dapat mengurangi kecenderungan Anda untuk makan. Karena mulut Anda akan mengunyah hal lain selain camilan. Namun mengunyah permen karet membuat Anda menelan banyak udara yang menyebabkan kembung.

5. Garam
Garam dapat meningkatkan tubuh menyerap air, sehingga tubuh akan terlihat lebih gemuk dari yang seharusnya. Begitu juga perut Anda yang terlihat lebih buncit.

Meanwhile salt can increase water retention, as well as being bad for your heart and blood pressure

6. Susu
Sebagian orang tidak memproduksi enzim laktase yang dapat mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu. Ketika tubuh tidak bisa mencerna laktosa, senyawa itu akan terfermentasi di dalam lambung dan menyebabkan gas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.