Sukses

8 Sayuran Ini Mudah Ditanam dan Dirawat di Rumah

Berikut ini beberapa sayuran yang mudah untuk Anda tanam dan rawat di rumah. Hal itu bertujuan agar Anda mendapat sayuran segar langsung

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta sayuran atau mungkin seorang vegetarian, akan sangat penting mendapat bahan-bahan yang segar. Membeli sayuran di pasar atau swalayan belum tentu terjamin kesegaran dan kebersihannya dibandingkan dengan menanam sendiri.

Tak jarang yang berpikir bahwa menanam sayuran di kebun sendiri cukup merepotkan dan membutuhkan lahan yang luas. Padahal, kenyataannya Anda bisa mengakali hal tersebut dengan memilih sayuran yang mudah dirawat dan bisa tumbuh di lahan sempit.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Kamis (14/4/2016), Liputan6.com merangkum beberapa tanaman yang bisa Anda rawat dengan mudah dan tumbuh di lahan sempit, seperti di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cabai

1. Cabai


Anda bisa mudah menumbuhkan tanaman cabai merah dengan menggunakan pot di rumah. Cabai tak hanya dipandang sebagai sayuran, tetapi juga rempah yang biasa dijadikan bumbu dapur dan penyedap rasa. Dengan menjaga lingkungan sekitarnya tetap hangat, cabai merah bisa Anda tumbuhkan di ruangan sempit, seperti rumah. Selain itu warna cantik yang dihasilkan dari cabai tersebut juga bisa memperindah rumah Anda. Satu tanaman cabai bisa menghasilkan sekitar 50 buah sekali panen jika diatur suhu ruangan antara 25-37 derajat Celcius.

2. Wortel


Wortel merupakan salah satu varietas kecil yang bisa tumbuh di tempat sempit hanya dengan menggunakan kontainer saja. Namun, sayuran yang kaya akan vitamin A tersebut harus mendapatkan pencahayaan yang baik. Masa panen sayuran ini pun tergolong singkat, yaitu 80-90 hari saja. Jika Anda tak memiliki pot berbentuk kontainer, Anda juga busa menggunakan botol plastik dengan bagian atas tanaman dibuka. Selain itu, Anda harus tetap menjaga tanaman berada pada suhu antara 13-24 derajat Celcius.

3 dari 5 halaman

Mint

3. Mint


Daun mint sering digunakan sebagai pelengkap bahan makanan dan minuman. Sensasi dingin yang dihasilkan daun mint merupakan salah satu daya tarik mengapa tanaman tersebut laku di pasaran. Anda harus meletakkan tanaman tersebut di depan jendela agar mendapat matahari langsung. Suhu ruangan untuk menjaga tanaman tersebut tetap tumbuh dengan baik, yaitu sekitar 20-25 derajat Celcius.

4. Bawang Bombai


Tak harus punya keahlian khusus untuk menanam dan merawat bawang, khususnya bawang bombai. Anda hanya memerlukan tanah yang baik, drainase memadai, dan kebaikan pupuk. Pertama-tama, tanam benih bawang di tempat yang cukup dingin bersuhu antara 18-20 derajat Celcius dan gelap. Menanam bawang tidak membutuhkan pencahayaan yang banyak, malah jika terlalu banyak, tanaman akan rusak.

4 dari 5 halaman

Daun Basil

5. Daun Basil


Daun basil dapat tumbuh di pot dan kontainer. Dengan pencahayaan yang cukup, tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Daun Basil biasa digunakan untuk pelengkap bumbu masakan atau sebagai penghias hidangan. Suhu ruangan yang Anda perlukan untuk merawat tanaman ini adalah 20-25 derajat Celcius.

6. Ketimun


Untuk menumbuhkan ketimun di rumah, Anda bisa memilih varietas hibrida F1 yang dapat menghasilkan bunga betina. Jika berhasil menanam ketimun tersebut, Anda bisa mendapatkan 3 sampai 4 lusin sekali panen. Suhu ruangan yang dibutuhkan untuk menanam ketimun, adalah 21 sampai 24 derajat Celcius.

5 dari 5 halaman

Tomat

7. Tomat


Pilih varietas tomat mini jika Anda ingin menanam di rumah. Untuk tanaman ini, Anda bisa memilih ruang yang lembab, tetapi tidak basah, serta hangat. Tanaman tomat tidak bisa hidup di daerah yang dingin karena suhu ruangan agar sayuran ini tumbuh sekitar 23 sampai 25 derajat Celcius.

8. Stroberi


Stroberi dapat tumbuh di dalam ruangan tanpa mengenal musim dan waktu. Salah satu kuncinya adalah dengan mengatur pencahayaan dan suhu ruangan untuk menumbuhkan tanaman antara 18-24 derajat Celcius. Agar tanaman stroberi bisa berhasil tumbuh dengan baik, Anda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini