Sukses

Lakukan 8 Hal Ini untuk Tingkatkan Mood Bekerja di Pagi Hari

Bangkitkan mood di pagi hari dengan melakukan 8 langkah mudah ini.

Liputan6.com, Jakarta Berapa banyak dari Anda yang kesulitan bangun pagi dari tempat tidur setiap hari? Banyak orang yang mengatakan "I'm not a morning person" karena bangun pagi dan memulai aktivitas membutuhkan perjuangan. Jika ini yang Anda jalani setiap pagi, maka Anda sudah merasa tegang dan frustrasi bahkan sebelum sampai di kantor.

Stres dan pikiran negatif yang memenuhi pikiran di pagi hari akan memberi dampak negatif. Anda akan mudah lelah dan tidak semangat bekerja, bahkan uring-uringan seharian. Ternyata ada cara untuk mengatasi hal ini. Dikutip dari situs Psychcentral pada hari Kamis (14/4/2016), berikut 8 hal yang dapat membuat Anda lebih relaks dan menyingkirkan ketegangan di pagi hari.

1. Mandi air hangat
Air memberikan efek menenangkan. Anda dapat menyingkirkan rasa pegal atau sakit di tubuh dengan mandi. Tak hanya itu, dengan mandi, rasa kantuk akan menghilang dan Anda akan merasa lebih segar dan siap menghadapi hari.

2. Mengkonsumsi sarapan penuh nutrisi
Banyak orang yang merasa cukup dengan secangkir kopi sebelum berangkat ke kantor, namun kopi tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membuat tubuh berfungsi dengan optimal. Sediakan waktu beberapa menit untuk duduk dan menikmati sarapan. Jika tak ada waktu, Anda dapat membawa makanan untuk dimakan dalam perjalanan, sesuatu yang Anda sukai. Makanan yang bergizi akan memelihara pikiran dan tubuh Anda.

3. Beri perhatian pada keindahan alam sekeliling
Dalam perjalanan menuju kantor, perhatikan pohon-pohon rimbun dengan dedaunan yang hijau, bunga-bunga berwarna cerah, atau langit biru terang. Alam menghadirkan banyak keindahan, ambil waktu untuk membuka indra Anda dan menikmati pemandangan di sekeliling Anda. Alam memiliki kekuatan restoratif untuk menenangkan dan 'menyembuhkan' Anda.

4. Ambil waktu 5 menit untuk mengatur pernapasan
Mengatur pernafasan akan membantu melepaskan ketegangan. Ambil posisi duduk atau tiduran, letakkan tangan di atas abdomen Anda dan bernapaslah dengan perlahan. Bayangkan pemandangan indah di pegunungan dengan sungai dan rerumputan, dimana Anda dapat mendengar desiran angin dan kicauan burung. Perhatikan ritme napas Anda. Lepaskan diri dan biarkan Anda mencapai tempat yang nyaman di pikiran Anda.

5. Lakukan jalan pagi
Cahaya matahari dan meningkatkan mood dengan cepat, begitu juga dengan aktivitas fisik. Kombinasi keduanya ampuh untuk memulai hari secara lebih positif. Jika Anda tak punya waktu untuk jogging atau jalan pagi, kegiatan sederhana seperti stretching juga dapat membantu.

6. Beri pelukan dan ciuman bagi orang-orang yang Anda sayangi
Jangan takut menunjukkan rasa sayang pada keluarga Anda. Jangan biarkan mereka keluar dari rumah tanpa merasakan bahwa mereka orang yang berarti. Jika Anda belum berkeluarga, Anda dapat mengirim pesan atau menelpon orang-orang terdekat Anda. Tunjukkan rasa sayang Anda dan Anda akan menjadi bagian dari pagi hari yang menyenangkan bagi sekeliling Anda.

7. Amati hal-hal kecil di sekeliling
Lima menit cukup untuk memerhatikan hal-hal yang biasanya tak pernah Anda perhatikan di sekitar Anda. Apakah ada bunyi kicauan burung yang tak pernah Anda sadari, atau bunga-bunga yang harum di halaman rumah tetangga, atau tingkah laku lucu anak Anda di pagi hari. Buka mata Anda dan berikan apresiasi dunia di sekitar Anda. Selalu ada hal yang baru dan menarik untuk diperhatikan. Dengan melakukan ini, Anda akan merasa bersyukur dan merasa lebih positif.

8. Lakukan 1 hal yang menyenangkan diri sendiri
Pikirkan aktivitas sepele yang dapat meningkatkan mood Anda dan masukkan dalam rutinitas Anda setiap pagi. Bisa saja dengan bermain dengan anak selama beberapa menit, atau membeli kopi favorit di kafe, atau membaca buku favorit, meskipun hanya beberapa halaman. Bisa juga dengan mendengarkan musik favorit atau berjoget sambil berpakaian. Lakukan apapun yang dapat membuat Anda merasa bahagia dalam waktu singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.