Sukses

Cara Efektif Atasi Lupa Saat Berbelanja Kebutuhan

Biasanya orang jadi boros saat belanja karena lupa akan barang yang harus dibeli. Berikut cara sederhana atasi lupa saat berbelanja.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah mengalami lupa beli sesuatu padahal Anda baru saja habis berbelanja di pasar atau supermarket tersebut? Seringkali Anda jadi harus bolak-balik supermarket atau pasar baru saja dikunjungi dan bahkan malah belanja jauh lebih banyak barang dari yang direncanakan.

Kebiasaan ini sudah tentu secara tak langsung membuat anggaran belanja Anda jadi membengkak. Sebuah studi baru menawarkan solusi untuk mengatasi kebiasaan tersebut yang dilakukan oleh Journal of Consumer Psychology dengan melibatkan 700 konsumen.

Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Seperti dilansir dari realsimple.com pada Rabu (6/4/2016), Liputan6.com merangkum hasil dari penelitian tersebut dan cara untuk mengatasi kebiasaan tersebut agar tidak membuat anggaran belanja Anda membengkak.

1. Buat Daftar

Jika dilihat dari penelitian yang dilakukan mungkin cara ini terdengar umum untuk dilakukan. Namun, pada kenyataannya, 50 persen dari para konsumen tersebut tidak melakukannya. Padahal dengan membuat daftar belanjaan, Anda akan terhindar dari kemungkinan lupa barang yang akan dibeli.

Selain itu, membuat daftar belanja akan mendidik dan membentuk kedisiplinan dalam menggunakan uang. Selain itu, penelitian tersebut menemukan fakta bahwa seseorang akan memiliki kecenderungan tidak ingat ketika berbelanja akan apa yang hendak dibeli tanpa adanya daftar barang tersebut.

2. Berkeliaran di lorong

Jika Anda lupa bawa daftar belanja, salah satu cara untuk menghemat sekaligus mengingat kembali barang yang akan dibeli di supermarket atau pasar, bisa dengan berkeliaran di lorong. Peneliti menemukan fakta bahwa dengan berkeliling lorong pasar atau supermarket tanpa belanja, otak Anda akan mengingat kembali barang yang ingin dibeli.

Hal tersebut dikarenakan saat seseorang berkeliling, barang-barang yang dipajang di etalase pasar atau supermarket akan membantu Anda mengingat kembali daftar belanjaan. Namun, hal ini jelas membutuhkan waktu yang lebih panjang dibandingkan membawa daftar belanja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.