Sukses

Hati-hati, 6 Bahan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Ada bahan-bahan yang justru lebih baik tidak disimpan di kulkas untuk menjaga kualitas.

Liputan6.com, Jakarta Kulkas alias lemari pendingin seringkali menjadi penyelamat Anda untuk mengawetkan bahan-bahan makanan ataupun sisa masakan. Namun ada pula bahan-bahan yang justru lebih baik kualitas bila tidak disimpan di kulkas. Berikut bahan-bahan itu seperti dikutip dari Real Simple, Senin (4/4/2016).

1. Saus sambal

hot-sauce-1
Saus sambal bisa bertahan tanpa dimasukkan kulkas selama tiga tahun. Asal tertutup rapat, Anda tidak perlu memasukkannya ke kulkas.

2. Kentang

potatoes-1
Bukannya awet, suhu dingin dari kulkas justru membuat rasa kentang menjadi tidak seenak ketika bahan ini disimpan di suhu ruang. Sebaiknya kentang disimpan di kantong kertas untuk mengurangi air yang menyebabkannya mudah busuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan yang tak perlu disimpan di kulkas

3. Roti

bread-0

Suhu dingin dari kulkas akan menyebabkan roti lebih cepat kering. Karena itu sebaiknya bahan ini disimpan di suhu ruang.

4. Bawang

onion
Bawang tidak memerlukan suhu dingin untuk disimpan. Kecuali tidak diletakkan di sekitar kentang yang mengeluarkan gas yang membuatnya cepat busuk, bawang dapat bertahan lama di suhu ruang. Ini juga berlaku untuk bawang putih.

3 dari 3 halaman

Bahan yang tak perlu disimpan di kulkas

5. Tomat

tomatoes
Tomat dapat bertahan lama di suhu ruang. Namun bahan ini perlu disimpan di dalam kantong kertas, bukan di dalam plastik.

6. Kopi

coffee-0
Suhu dingin kulkas membentuk kondensasi yang dapat mempengaruhi rasa kopi. Karena itu sebaiknya bahan ini disimpan di suhu ruang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.