Sukses

Eksplorasi Kawasan Little India di Jakarta

Jika Anda mengira Little India hanya ada di Malaysia dan Singapura, ternyata, kawasan ini juga ada di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Anda pernah mengunjungi kawasan Little India yang sangat terkenal di Kuala Lumpur, Malaysia atau Singapura? Tahukah Anda, bahkan di Jakarta pun ada kawasan “Little India” yang kaya akan warisan budaya & kuliner ala India?

Seperti yang dilansir dari rilis yang diterima tim Liputan6.com, Minggu (3/4/2016), Jakarta Food Adventure (JFA), hari Sabtu 2 April 2016 kembali mengadakan CHARITY WALKING TOUR, kali ini dengan tema “Explore Little India Passer Baroe & The Taste of India”

 

Peserta tur akan diajak mengeksplorasi berbagai “Indian mixed Indonesian Heritage”, di wilayah Pasar Baru dan menengok keunikan budaya dan kehidupan orang orang keturunan India yang tinggal disana. Peserta diajak mengunjungi beberapa tempat spiritual seperti Kuil Sai Baba dan Kuil Hare Kreshna, deretan pertokoan yang dijalankan orang orang keturunan India, seperti toko obat tradisional, hingga supermarket ala India. Peserta juga akan diajak menikmati aneka kuliner India, dari mulai masakan yang dibuat secara home made di rumah Aunty Moghini, seorang wanita keturunan India berusia 70an tahun, dan juga di Gokul Resto, restoran vegetarian ternama di kawasan pasar baru.

Julukan “Little India” untuk kawasan Pasar Baru sendiri digagas oleh Jakarta Food Adventure , yang melihat potensi kekayaan budaya dan kuliner orang orang keturunan India di kawasan ini. Yang tidak kalah menariknya, kawasan Little India begitu terkenal dan menjadi destinasi utama para wisatawan di negara tetangga, seperti di Kuala Lumpur Malaysia dan Singapura. Dengan keragaman dan keunikan budaya ala India di kawasan ini, sudah selayaknya “Little India” di Pasar Baru ini juga diangkat sebagai tujuan destinasi wisata yang penting di Jakarta, baik bagi wisatawan asing ataupun wisatawan domestik.

Jakarta Food Adventure sendiri adalah sebuah trip organizer yang berfokus kepada culinary tourism. Didirikan oleh keempat orang sahabat berprofesi tour guide, yaitu Ira Lathief, Adjie Hadipriawan, Idfi Pancani, dan Indra Diwangkara. Dengan mengadakan berbagai tur kreatif yang berbasis kuliner seperti food tour, food marathon, cooking demo, dan food talk, Jakarta Food Adventure ingin mengangkat potensi kekayaan kuliner Indonesia, dan ikut mempromosikannya kepada mata dunia. Belum lama ini, Jakarta Food Adventure, juga mengadakan “One Day Food Marathon” untuk rombongan mahasiswa MBA dan Profesor dari University of Washington, Seatlle.

Charity Walking Tour, tur dengan berjalan kaki dengan tujuan untuk beramal, ini adalah yang kedua kalinya dibuat oleh Jakarta Food Adventure, setelah sebelumnya mengadakan tur serupa dengan tema Chinese Food Heritage di kawasan Glodok. Sebagian keuntungan yang di dapat dari tur ini akan disalurkan dalam bentuk donasi makanan kepada Komunitas Berbagi Nasi, @berbaginasiJKT. Dalam kegiatan ini, Jakarta Food Adventure mengajak para peserta tur untuk tidak sekedar jalan-jalan, makan-makan, tapi juga untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Beberapa agenda selanjutnya untuk Charity Walking Tour JFA adalah Portuguese Heritage + Kuliner Kampung Tugu di bulan Mei, Dutch + Betawi Food Heritage di bulan Juni, dan Arabian Foods Heritage di bulan Juli. Silahkan kunjungi website Jakarta Food Adventure di www.jakartafoodtour.org untuk tahu lebih banyak tentang kegiatan, atau follow Twiter/ Instagram @jakartafoodtour untuk mengetahui update beragam kegiatan selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.