Sukses

10 Tradisi Pernikahan Paling Aneh Sedunia

Dari budaya yang begitu kompleks terciptalah tradisi-tradisi unik dalam sebuah pernikahan dari berbagai negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan selalu menjadi salah satu hari paling spesial bagi setiap orang. Tak hanya bagi orang yang menikah, tetapi juga keluarga besar dan orang-orang terdekat sang pengantin. Lantas, dari budaya yang begitu kompleks terciptalah tradisi-tradisi unik dalam sebuah pernikahan dari berbagai negara di dunia. Dikutip dari Metro, Kamis (1/4/2016), ini tradisi-tradisi pernikahan teraneh di dunia.

1. Hati ayam
Tidak ada pernikahan tanpa hati ayam bagi orang-orang Daur yang tinggal di Mongolia. Pengantin harus membunuh ayam dan mengambil hatinya untuk menentukan hari pernikahannya. Jika hati ayam itu tampak baik maka mereka siap menentukan hari.

2. Paus
Di Fiji, pria yang ingin meminang seorang gadis harus terlebih dulu bertemu ayah si gadis untuk memberinya gigi paus.

3. Menangis bersama
Pernikahan yang seharusnya penuh suka cita dirayakan sedikit berbeda oleh orang China Tujia. Pengantin perempuan dan semua anggota keluarga perempuan menangis bersama untuk membentuk harmoni yang mengekspresikan kebahagiaan.

4. Menikahi pohon
Di India, bila seseorang lahir di bawah kombinasi astrologi antara Mars dan Saturnus di bawah rumah ketujuh, maka ia dikutuk. Pria yang akan menjadi suaminya akan meninggal. Karena itu ia harus terlebih dulu menikah dengan pohon untuk melenyapkan kutukan tersebut.

5. Menahan urine
Pengantin baru di komunitas Tidong di Borneo Utara harus tinggal di rumah bersama selama tiga hari tanpa pergi ke toilet. Ini adalah untuk memastikan mereka akan bahagia selamanya.

6. Pengantin perempuan sampah
Di Skotlandia, ada sebuah tradisi untuk "menghitamkan" sang pengantin perempuan dengan melempari dengan sampah. Bila ia bisa bertahan, maka ia juga pasti akan mampu menghadapi cobaan-cobaan dalam pernikahan.

7. Culik pengantin perempuan
Dalam budaya Sparta, calon pengantin perempuan kepalanya harus dicukur dan berpakaian seperti pria sebelum diculik oleh calon suaminya.

8. Mencuri sepatu
Di India, ada sebuah budaya untuk melepas sepatu sang pengantin pria saat berjalan menuju altar. Keluarga pengantin wanita harus berupaya mencuri sepatu tersebut, sedangkan keluarga di pria berusaha menjaganya.

9. Uang saat dansa
Di Yunani, para keluarga dan tamu pengantin memberikan uang asli kepada pengantin saat mereka berdansa pertama kali di pesta pernikahan mereka. Mereka harus membahagiakan sang pengantin baru sebisa mungkin pada pesta tersebut.

10. Digigit ikan
Sudah menjadi tradisi di Korea Selatan, sang pengantin pria membuktikan keperkasaannya dengan membiarkan kakinya digigit ikan. Ini harus dia lakukan sehari menjelang hari pernikahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini