Sukses

Tampil Gaya dengan Batik Unik Bermotif Anatomi

Batik unik dengan motif unik seperti anatomi. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Batik mungkin lebih biasa dipakai di acara-acara resmi. Namun, di acara semi-formal atau kasual sekalipun, banyak pula orang yang sudah mengenakan kain asli Indonesia ini.

Dengan batik, siapapun bisa tampil gaya. Apalagi dengan motif batik unik yang dapat menambah nilai stylish dari pakaian yang Anda pakai. Dari sekian banyak motif batik, salah satu yang cukup inovatif adalah batik anatomi.

Motif batik ini dikembangkan oleh tiga anak muda asal Surakarta, Muhammad Jafron Syah, Amirul Mukminin, dan Annisa Febti Suhardi. Awalnya mereka menciptakan batik anatomi untuk sebuah kompetisi saat mereka masih duduk di bangku kuliah 2009 lalu.

Ternyata minat orang-orang sekitar cukup tinggi dengan batik anatomi. Dengan warna-warna atraktif dan motif unik, batik anatomi pun memiliki pasar tersendiri. Pencinta batik dari mulai orang tua hingga anak muda menjadikannya bahan andalan dalam membuat pakaian. Tak hanya itu, batik anatomi juga dapat digunakan sebagai scarf yang membuat penampilan pemakaiannya bertambah stylish.

Melihat pasar ini, ketiga anak muda ini kemudian membuat kreasi batik anatomi mereka ke dalam merek Oemah Batik Anatomi. Pemasaran melalui website dan bazaar pun membuat merek ini makin dikenal.

Batik Anatomi. Foto: Istimewa

Jafron mengatakan, saat ini Oemah Batik Anatomi memiliki lima motif, yaitu motif aktinenkim, motif sklereida, motif pembuahan, motif epidermis, dan motif anther yang merupakan bentuk binatang atau tumbuhan yang dilihat dari mikroskop.

"Kami mencari bentuk-bentuk makluk hidup yang memiliki nilai seni jika dilihat dari mikroskop untuk dijadikan motif batik," kata Jafron kepada Liputan6.com, Jumat (1/4/2016).

Pembuatan batik anatomi. Foto: Istimewa

Menggunakan teknik cap untuk membuatnya, Oemah Batik Anatomi pun tidak meninggalkan esensi kain batik yang tidak dicetak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.