Sukses

Ini Dia 5 Penyebab Kulit Berminyak

Pemilik kulit berminyak harus mengetahui 5 hal penting ini.

Liputan6.com, Jakarta Komedo yang mulai muncul di pipi atau hidung, hingga bintik-bintik jerawat yang mengganggu di dahi dimulai dari permukaan kulit yang berminyak. Minyak pada kulit atau yang dikenal dengan istilah sebum akan berubah menjadi jerawat ataukomedo saat bercampur dengan sel-sel kulit mati wajah Anda.

Ya, pori-pori kulit wajah yang tersumbat akan menyebabkan terjadinya jerawat yang meradang atau komedo yang dapat mengganggu kepercayaan diri wanita. Tinggal di negara tropis membuat kulit cenderung berminyak, untuk itu wanita harus mengetahui bagaimana apa penyebabnya dan cara mengatasi kelebihan minyak pada wajah. Dikutip dari situs Marieclaire.com, ini 5 penyebab utama kulit berminyak.

1. Terlalu sering membersihkan wajah
Mengagetkan bukan, bahwa membersihkan wajah sering-sering justru dapat berdampak buruk pada kulit wajah. Saat wajah dibersihkan, kelenjar minyak justru akan memproduksi minyak untuk melindungi lapisan kulit untuk menyeimbangkan tekstur kulit yang menjadi kering saat dibersihkan. Saat mencuci wajah, Anda disarankan menggunakan pembersih wajah yang lembut di wajah dan jangan menggosok terlalu keras saat mengeringkan wajah.

2. Konsumsi makanan berminyak
Bukan rahasia bahwa makanan seperti makanan yang digoreng yang mengandung minyak tak jenuh akan berakibat langsung pada kulit wajah. Ternyata bukan jenis makanan itu saja, namun makanan yang mengandung susu juga dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori karena minyak. Makanan dairy mengandung hormon natural yang memancing produksi minyak pada kulit. Jika tak ingin kulit Anda berminyak, hindari juga makanan olahan dengan kadar gula tinggi.

Terlalu sering mencuci wajah juga bisa menyebabkan kulit berminyak

3. Hormon
Siklus menstruasi juga sangat berhubungan dengan kondisi kulit seorang wanita. Siklus hormon bulanan yang mengalami fluktuasi dari minggu ke minggu akan meningkatkan aktivitas produksi minyak pada kulit wajah dan kulit kepala. Perhatikan saat-saat dimana Anda merasa kulit lebih berminyak dari biasanya, sebab bisa saja hal tersebut disebabkan oleh siklus hormonal bulanan.

4. Produk kecantikan yang digunakan
Saatnya Anda lebih memperhatikan kandungan dalam produk kecantikan yang Anda gunakan secara rutin. Banyak wanita yang tak sadar, produk tertentu justru akan membuat kulit wajah semakin berminyak. Hindari produk kecantikan yang terlalu berat untuk wajah Anda agar kulit dapat lebih bernafas secara efektif dan mengurangi produksi minyak berlebih. Saat Anda membeli produk kecantikan, pilih yang bebas minyak dan terasa ringan di kulit.

5. Gen
Setiap wanita lahir dengan gen keturunan yang berbeda-beda tanpa bisa memilih. Jumlah kelenjar minyak dan tingkat produktivitasnya adalah hal yang rumit, bersifat spesifik dan berbeda-beda bagi setiap wanita. Jadi, kondisi kulit Anda pada dasarnya juga bergantung pada faktor genetis.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini