Sukses

Kebiasaan Ini Membuat Jumlah Sperma Pria Menurun

Bagi Anda para pria, sebaiknya mulai waspada. Pasalnya, kebiasaan meletakan gawai di saku celana buat jumlah sperma menurun.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda para pria yang sering menempatkan smartphone atau gawai di saku celana harap waspada. Pasalnya, jika masih berpikir untuk memiliki anak kelak, jauhkan gawai Anda dari saku celana.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Technion Univesity di Israel, kebiasaan meletakan gawai di saku celana yang Anda kenakan dapat mengurangi jumlah spema secara signifikan. Penelitian tersebut dilakukan kepada 100 pria yang datang ke klinik kesuburan setiap tahunnya.

Bagi Pria, kebiasaan ini buat jumlah sperma menurun

Seperti dilansir dari Elitereaders.com pada Rabu (30/3/2016), para peneliti menemukan fakta sebesar 47 persen pria dengan kebiasaan meletakkan gawai mereka di saku celana memiliki jumlah sperma yang rendah. Salah seorang peneliti, Martha Dirnfield mengatakan saat mereka menganalisis jumlah sperma yang aktif berenang, jumlah dan kualitasnya menurun.

Mereka menduga hal tersebut dikarenakan panas dan gelombang elektromagnetik yang berasal dari gawai. Selain itu, seorang urologist, Dr. Paul Shin mengatakan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008 menemukan fakta bahwa pria dengan penggunaan aktif gawai mereka berpengaruh pada penurunan jumlah sperma.

Mungkin Anda bisa mengganti lokasi tempat gawai ke kantong kemeja atau membawa tas kecil. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan jumlah sperma menurun jika meletakan gawai di meja samping tempat tidur atau bantal saat sedang di-charging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini