Sukses

Bangun Daya Saing Wisata, Banyuwangi Gelar Festival Toilet Bersih

Festival Toilet Bersih digelar Pemkab Banyuwangi untuk meningkatkan kulalitas infastruktur penunjang pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta Untuk meningkatkan kualitas infrastruktur penunjang pariwisata, Banyuwangi kembali menggelar program Festival Toilet Bersih. Festival yang akan rutin digelar tiap tahun ini mengajak masyarakat dan pemangku kepentingan pariwisata untuk terus senantiasa menjaga kebersihan toilet.

Sejak diluncurkan setahun lalu, Festival Toilet Bersih berhasil meningkatkan pengelolaan toilet, khususnya toilet umum yang di ada banyak destinasi wisata Banyuwangi. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Rabu (30/3/2016), saat meluncurkan Festival Toilet Bersih di Taman Blambangan, Banyuwangi, mengatakan, sekitar 70 persen toilet yang ada di Banyuwangi kini telah terkelola dengan baik. sedangkan 30 persen sisanya telah ter-cover melalui pelaksanaan Festival Toilet Bersih di tahun ini.

Lebih jauh dirinya mengatakan, hadirnya festival tersebut mempu memotivasi banyak orang untuk lebih peduli pada kebersihan toilet. Mengingat keberadaan toilet selama ini kerap disepelekan, dan posisinya yang berada di belakang sering dijadikan alasan untuk tidak terlalu memperhatikannya.

"Ini juga merupakan gerakan pengembangan wisata dengan spirit humanisme, karena toilet bersih mencerminkan kepribadian masyarakat, merepresentasikan iman, dan meningkatkan kesehatan," ungkapnya.

Dari sisi pariwisata, Banyuwangi berkepentingan dengan gerakan toilet bersih, mengingat Banyuwangi akan ikut berkontribusi pada upaya peningkatan daya saing pariwisata Indonesia. Saat ini Indonesia berada di peringkat 50 dari 141 negara berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Report dari World Economic Forum (WEF).

"Daya saing wisata dipengaruhi banyak variabel, di antaranya indikator kesehatan dan higienitas. Salah satu faktor yang masih lemah sesuai laporan WEF itu adalah masalah health and hygiene. Banyuwangi mendukung penuh kerja-kerja Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan daya saing pariwisata. Gerakan toilet bersih menjadi sumbangsih kecil Banyuwangi untuk pariwisata Indonesia," kata Bupati Anas menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.