Sukses

6 Tipe Perut Wanita dan Cara Menjaganya Tetap Rata

Anda memiliki tipe perut yang mana?

Liputan6.com, Jakarta Apakah keasyikan menikmati makanan yang enak telah membuat Anda melupakan bentuk perut yang semakin membengkak? Anda tak sendirian. Perut wanita terdiri dari beberapa tipe, dan masing-masing membutuhkan trik berbeda-beda agar tetap langsing dan rata.
Menjaga perut agar bentuknya sesuai idaman bukan hal yang terlalu sulit. Anda hanya perlu konsisten dalam melakukan beberapa hal. Namun sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu mengenai tipe atau bentuk perut Anda. Dikutip dari situs dailymail, berikut 7 tipe perut wanita yang dapat Anda ketahui.

Wine tummy
Perut yang membuncit ke depan akibat dari konsumsi alkohol yang cukup banyak, sementara tidak ada lemak berlebih di bokong atau pinggul. Selain alkohol, bentuk perut ini juga disebabkan oleh karbohidrat olahan. Alkohol dan karbohidrat olahan membuat proses metabolisme 70% lebih lambat. Bagi Anda yang memiliki perut tipe ini, sebaiknya Anda memperhatikan konsumsi kalori Anda, terutama konsumsi alkohol. Ingat, alkohol mengandung kalori tinggi namun tidak akan membuat kenyang, sehingga Anda akan tetap mencari makanan untuk mengatasi rasa lapar tersebut.

Bloated tummy
Perut tipe ini berbentuk lebih bundar yang dimulai dari garis atas perut. Kulit perut akan terasa kencang, seakan-akan ada balon yang tersembunyi di dalamnya. Perut tipe ini biasanya rata di pagi hari, namun akan semakin membesar setelah adanya konsumsi makanan. Namun perubahan bentuk perut tidak memengaruhi berat badan, sebab perut berisi angin. Hal ini terjadi karena adanya konstipasi dan konsumsi makanan yang terlalu banyak dalam satu waktu makan, sering juga disebut kembung. Anda yang memiliki tipe perut ini dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

Anda pemilik tipe perut yang mana? Foto:Dailymail.co.uk

Stress tummy
Bentuk perut ini mirip dengan wine tummy, namun lebih lembek dan kendur. Biasanya terlihat dari bawah payudara dan seperti menggantung pada bagian pinggang. Penyebabnya adalah stres, sebab saat seseorang sedang stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang menghasilkan energi. Namun saat energi tersebut tidak terpakai, ia akan berubah menjadi lemak dan menetap di bagian perut. Pemilik perut tipe ini disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat rendah lemak seperti gandum dan tidak terburu-buru saat sedang makan. Selain itu, Anda sebaik makan dalam porsi kecil beberapa kali dalam sehari.

Pear Tummy
Meskipun pinggang ramping, terdapat lemak yang menetap pada bagian pinggang dan pinggul, serta bokong yang menyebabkan bentuk tubuh menyerupai buah pear. Hal ini bisa disebabkan oleh hormon estrogen yang tinggi. Untuk mengatasinya, pemilik perut tipe ini harus menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Mummy tummy
Bentuk perut wanita yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu perut yang sedikit besar dan kendur. Untuk mengembalikan bentuk perut seperti sebelum hamil, Anda yang memiliki perut tipe ini disarankan untuk melakukan olahraga seperti yoga atau pilates. Hindari juga makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh atau karbohidrat olahan yang memperlambat proses metabolisme.

Thyroid tummy
Perut yang dimiliki oleh seseorang bertubuh besar, sehingga perutnya pun berbentuk besar. Hal ini dapat terjadi pada wanita karena usia, dimana semakin tua seseorang, semakin lambat juga proses metabolisme tubuhnya. Wanita yang mengalami hal ini disarankan untuk lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi, perbanyak sayuran hijau, buah-buahan dan karbohidrat berserat tinggi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.