Sukses

Berikut 11 Cara Memperbarui Dapur dengan Anggaran Terjangkau

Ingin tahu tips jitu dengan anggaran terjangkau untuk memperbarui dapur di rumah Anda? Intip 11 cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Dapur merupakan salah satu bagian dari area rumah yang paling esensial. Setelah seharian tanpa henti menyiapkan semua menu masakan untuk keluarga tercinta, seringkali Anda merasa dapur seperti kapal pecah. Semua terasa berantakan, tak teratur dan kotor. Belum lagi jika dapur di rumah Anda sudah mulai membutuhkan beberapa perbaikan yang membutuhkan banyak biaya.

Jangan khawatir, dilansir dari time.com, Selasa (29/3/2016), berikut beberapa cara mudah dan terjangkau untuk memperbarui dan membuat dapur Anda terlihat lebih menarik.

1. Salah satu yang paling mudah dan cerdas untuk memperbarui dapur Anda adalah dengan mengatur ulang letak laci, lemari, dan meja yang ada. Anda akan terkejut dengan tatanan baru yang dapat terbentuk. Anda dapat menata segala sesuatunya menjadi lebih fungsional.

2. Ketika Anda telah selesai mengatur ulang letak semua perabotan besar yang ada di dapur, lanjutkan dengan menata berbagai barang yang ada di dalamnya, seperti piring, sendok, garpu, dan gelas. Penataan ini akan memungkinkan Anda memiliki ruang yang lebih besar begitu perlengkapan dapur sudah tertata dengan baik.

3. Hiasi dinding dapur Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menempelkan berbagai karya seni modern atau menggantungkan foto keluarga Anda di sana. Ciptakan suasana dapur akan menjadi sebuah tempat yang menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Perbaharui Dapur

4. Tambahkan nuansa indah dan segar, seperti satu atau dua vas yang berisi bunga, satu mangkuk berisi buah-buahan siap makan, atau beberapa toples berisi kue kering yang ditata dengan cantik dan rapi.

5. Pilih warna cat yang menarik. Cat dapat memberikan keajaiban bagi sebuah ruangan di dalam rumah Anda, terutama dapur. Pilihlah warna netral yang sesuai dengan peralatan dan lemari yang ada di sana. Selain itu, pastikan bahwa Anda memilih cat dengan kualitas yang paling tinggi, sehingga ia akan bertahan jauh lebih lama.

6. Jika Anda memiliki peralatan seperti oven, kulkas, atau dispenser, perbarui dengan peralatan baru yang lebih modern dan berkualitas tinggi. Pastikan Anda memilih peralatan dapur baru dengan anggaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. Anda juga dapat memeriksa beragam program atau promo menarik menjelang hari raya, dan akhir tahun dari toko peralatan dapur untuk mendapatkan harga terbaik. 

7. Mengganti keran yang sudah mulai karatan di dapur Anda dengan yang lebih baru dan modern. Sesuaikan dengan gaya interior dapur.

3 dari 3 halaman

Perbarui Dapur dengan Harga Terjangkau

8. Ubah tata pencahayaan yang ada di dalam ruang dapur Anda. Anda akan terkejut apa yang bisa dilakukan oleh pencahayaan di dalam sebuah ruangan seperti dapur. Gantilah tata pencahayaan di dalam dapur Anda dengan instalasi lampu yang lebih menarik. Namun ingat, gunakan lampu LED yang hemat energi.

9. Jika Anda merasa bahwa lemari dan laci yang ada di dalam dapur Anda telah usah dan buruk, tetapi tidak dapat mengganti semuanya, Anda dapat mengganti besi pegangannya dengan sesuatu yang lebih baru, menarik, dan sesuai dengan selera Anda.

10. Renovasi sendiri dapur rumah Anda. Hal ini biasanya dilakukan karena Anda bosan dengan suasana dapur yang ada di rumah Anda. Namun keterbatasan biaya membuat Anda harus lebih cermat bertindak. Jika Anda memiliki waktu senggang yang berlebih, Anda dapat melakukan renovasi sendiri di dapur Anda. Anda hanya tinggal membeli beberapa peralatan dasar yang dibutuhkan dan Anda dapat membuat sebuah ruang dapur yang benar-benar sesuai dengan diri Anda sendiri.

11. Renovasi besar-besaran juga dapat Anda lakukan saat dana sudah tersedia. Anda dapat menghabiskan seluruh biaya untuk mengganti semua peralatan, ubin, dan merombak ruang dapur Anda. Pastikan Anda sudah lebih dulu menentukan anggaran, baru mulai memikirkan gaya dapur yang ingin Anda wujudkan agar tidak melebihi anggaran yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini