Sukses

Inilah Penampakan dari Perpustakaan Berumur 300 Tahun

Begini penampakan dari sebuah gedung perpustakaan berumur 300 tahun yang berisi ribuan buku paling langka di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Ruangan kolosal ini adalah surga bagi setiap pecinta buku. Ruangan ini dikenal sebagai Long Room dengan tinggi bangunan mendekati 65 meter atau sekitar 213 kaki. Apa yang menarik dari Long Room ini? Long Room adalah sebuah rumah bagi lebih dari 200.000 buku-buku langka, seperti dilansir dari mymodernmet.com, Senin (28/3/2016).

Selain itu, Long Room juga merupakan bagian utama dari Old Library di Trinity College, Dublin, salah satu perpustakaan paling besar di Irlandia dan salah satu yang paling mengesankan di dunia.

Patung-patung besar yang ada di dalam ruangan menggambarkan para filsuf dan penulis hebat dari Barat, yang juga dihubungkan dengan Trinity College.
Koleksi patung yang tidak kalah mengesankan ini mulai dibuat pada tahun 1743 oleh pematung bernama Peter Scheemakers.

Harta lainnya yang terdapat di dalam ruangan ini adalah salah satu salinan yang tersisa dari kejadian proklamasi Republik Irlandia pada tahun 1961, Kitab Kells, dan sebuah kecapi tertua dari jenisnya di Irlandia (berasal dari abad ke 15).

Inilah Penampakan dari Perpustakaan Berumur 300 Tahun. Sumber : mymodernmet.com

Long Room yang dibangun dari kayu ek ini menjadi salah satu artefak berharga yang menjadi lambang negara Irlandia hari ini.

Inilah Penampakan dari Perpustakaan Berumur 300 Tahun. Sumber : mymodernmet.com

Dibangun antara tahun 1712 dan 1732, ruangan ini dipenuhi dengan ribuan buku. Sebagian banyak buku yang ada di sini didapatkan karena adanya hukum yang disahkan pada tahun 1801 yang memberikan hak kepada perpustakaan ini untuk bisa menyalin setiap buku yang diterbitkan di Inggris dan Irlandia.

Inilah Penampakan dari Perpustakaan Berumur 300 Tahun. Sumber : mymodernmet.com

Ekpansi terpaksa dibuat pada tahun 1850-an untuk membuat ruangan ini lebih cukup memuat lebih banyak buku.

Bagi Anda yang hobi membaca buku, Long Room dengan langit-langit berkubah, dan deretan buku berharga tentu merupakan sebuah perpustakaan yang wajib untuk dikunjungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini