Sukses

Mengharukan, 160 Orang Tak Jadi Bunuh Diri karena Kakek Ini

Don Ricchie mendapat julukan Malaikat Penjaga Tebing Gap karena berhasil menggagalkan usaha 160 orang yang ingin bunuh diri.

Liputan6.com, Jakarta Seorang kakek bernama Don Ritchie tinggal di dekat tebing Gap yang terkenal di Australia. Mengapa tebing Gap terkenal? Karena tebing tersebut jadi tempat tujuan orang-orang putus asa yang ingin bunuh diri. Setiap hari, Don harus mengawasi tebing tersebut untuk memastikan tak ada orang yang loncat dan mengakhiri hidup mereka.

Dikutip dari situs Brightside, Don mendapat julukan 'Angel of The Gap' atau malaikat tebing Gap karena dedikasinya menyelamatkan nyawa orang. Setiap kali Don menemukan seseorang yang terlihat seperti ingin bunuh diri, ia akan mengajak orang tersebut mengobrol. Bahkan mengundang mereka datang ke rumahnya untuk minum teh. Dengan pendekatan yang lembut dan sensitif, Don hampir selalu berhasil meyakinkan mereka agar tidak menyerah dalam menghadapi masalah hidup. Don sendiri pada saat itu sedang berjuang melawan kanker. Pekerjaan Don sebagai penjual asuransi di masa mudanya membuat Don memiliki kemampuan untuk meyakinkan orang.

Tebing Gap jadi tujuan orang-orang yang hendak bunuh diri. Foto: Brightside.me

Sejak tahun 1964, Don telah menyelamatkan 160 orang. Namun keluarganya percayaia telah menyelamatkan hampir 500 orang selama hidupnya. Berkat jasanya, Don mendapat gelar pahlawan lokal Australia pada tahun 2011 dan menerima perhargaan 'Medal of the Order of Australia'. Tak hanya itu, pada tahun 2011, Don dan istrinya diberikan gelar 'Citizens of the Year'.

Don diberi gelar pahlawan lokal Australia pada tahun 2011

Meski demikian, tak semua nyawa berhasil Don selamatkan. Tidak semua orang bersedia membuka diri kepada Don dan tetap mengakhiri hidup mereka di tebing Gap. Don sendiri hampir tewas saat berusaha menghentikan seorang gadis loncat dari tebing.
Tebing Gap akhirnya ditinggalkan sang malaikat pada akhir tahun 2012. Don menutup mata untuk selama-lamanya di usia 85 tahun. Ia meninggal dengan tenang di tengah-tengah istri dan 3 anaknya.

Kakek ini berjasa membatalkan rencana bunuh diri 160 orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini