Sukses

4 Makanan Unik Khas Paskah di Berbagai Negara dan Sejarahnya

Menjelang paskah, beragam makanan khas mulai dipersiapkan. Berikut ini empat makanan khas Paskah di berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Paskah pada 27 Maret mendatang, beragam persiapan dilakukan oleh umat Kristen dan Katolik di dunia. Mulai dari beribadah ke gereja, sampai menyantap makanan-makanan khas tradisi Paskah bersama keluarga menjadi kegiatan yang umum dilakukan.

Makanan tak hanya mengenyangkan perut dan pemuas kebutuhan jasmani saja, tetapi juga jadi identitas berkembangnya sebuah peradaban di suatu negara. Menyambut Paskah, ragam makanan khas mulai dipersiapkan sesuai dengan budaya dan tradisi di negara masing-masing.

Seperti dilansir dari foxnews.com, Rabu (23/3/2016), tim Liputan6.com merangkum beberapa makanan yang menjadi tradisi dan disajikan saat Paskah di bebeberapa negara di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mentega Domba

1. Mentega Domba

Mentega Domba (sumber. foxnews.com)
Mentega ini bukan untuk memasak domba atau berasal dari susu domba, tetapi sengaja dibentuk seperti hewan tersebut. Di Polandia dan sebagian Rusia, mentega domba merupakan salah satu makanan tradisional yang disajikan ketika perayaan Paskah.

3 dari 5 halaman

Cokelat Bilby

2. Cokelat Bilby

Coklat Bilby (sumber. foxnews.com)
Di sebagian besar negara, kelinci digunakan sebagai dasar bentuk cokelat untuk merayakan tradisi Paskah. Namun, tidak dengan masyarakat di Australia yang menilai kelinci adalah perusak. Mereka mengganti sosok kelinci dengan Bilby yang merupakan hewan marsupial kecil dengan telinga besar dan hidung runcing serta panjang dalam membuat bentuk cokelat untuk tradisi Paskah.

4 dari 5 halaman

Sup Jeroan Domba

3. Sup Jeroan Domba

Sup Jeroan Domba (sumber. foxnews.com)
Di Yunani, ketika orang-orang mulai lapar setelah perayaan Minggu Paskah, mereka kembali ke rumah untuk mengisi perut dengan sup jeroan domba. Sup tersebut terdiri dari babat yang ditambah kuah dari cuka anggur merah dan bawang putih sebagai makanan tradisi Paskah khas Yunani.

5 dari 5 halaman

Roti Paskah

4. Roti Paskah

Roti Paskah (sumber. foxnews.com)
Polandia memiliki tradisi dan makanan khas Paskah yang unik. Di negara tersebut, para pria tidak diperbolehkan membantu istri mereka untuk mempersiapkan roti Paskah. Karena para wanita percaya jika ada peran pria, kumis dan jenggot mereka akan membuat roti Paskah tak mengembang dengan sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.