Sukses

7 Kualitas Ini Harus Anda Miliki Demi Hubungan Langgeng

Berikut ini adalah beberapa kualitas yang harus Anda dan pasangan miliki untuk membuat hubungan yang baik dan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar pepatah "Kecantikan itu hanya faktor luar," atau "Jangan menilai sesuatu dari luarnya saja"? Kedua pepatah ini mungkin memang terdengar klasik, namun ada benarnya. Setelah ketertarikan pertama pada fisik memudar, banyak hubungan asmara juga mulai memburuk. Apakah hubungan Anda dan pasangan salah satu yang mengalami hal ini? Mengapa hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari ehow.com, Rabu (23/3/2016), ketika kebahagiaan awal disebabkan oleh penampilan luar saja, seiring waktu setiap pasangan akan menemukan kualitas pribadi satu sama lain ternyata tidak sesuai.

Jika bertemu dengan kejadian ini, maka Anda pasti akan berharap dapat mengetahui kualitas pribadi pasangan terlebih dahulu, sebelum menjalin sebuah komitmen yang serius. Begitu pun sebaliknya, Anda juga harus menyiapkan diri sebagai pribadi dengan kualitas yang akan membuat sebuah hubungan berjalan baik di masa mendatang.

Berikut ini adalah beberapa kualitas yang harus Anda miliki dalam sebuah hubungan yang baik dan sehat.

1. Dukungan positif
Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa buruk dalam kehidupannya, namun seorang pasangan yang baik tahu bagaimana membantu pasangannya untuk melalui masa ini dengan dukungan, motivasi, dan solusi yang positif bersama-sama.
Cari atau jadilah seorang pasangan yang memiliki sikap positif dalam hidup, di mana fokus akan berada pada potensi Anda, bukan permasalahan hidup.

2. Komunikator yang baik
Dalam hubungan yang baik dan sehat, pasangan akan berusaha memenuhi apa yang diinginkan dan dibutuhkan satu sama lain. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika seseorang di antaranya gagal menyampaikan apa yang mereka inginkan dan butuhkan satu sama lain. Orang-orang yang mampu menyampaikan pikiran dan perasaannya dengan terbuka dan jelas akan menghasilkan sebuah hubungan yang hebat. Selain itu, ingatlah untuk menjaga keseimbangan dalam berkomunikasi. Anda dan pasangan harus sama-sama tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan.

3. Peduli dan perhatian
Kebaikan, kesabaran, dan pengertian adalah beberapa hal yang paling esensial untuk bertahan di dalam sebuah hubungan pada masa-masa terburuk. Semua orang yang berkomitmen untuk berada di dalam sebuah hubungan, mereka pasti telah mengalami pertengkaran, frustasi, kesedihan, dan hal buruk lainnya. Jika Anda memiliki seorang pasangan yang baik dan pengertian, Anda bisa menyampaikan apa yang Anda rasakan dan mencari solusinya bersama-sama.

4. Dewasa dan bertanggung jawab
Dulu, bermain-main mungkin adalah suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, namun bukankah kini saatnya bagi Anda untuk mencari pasangan dewasa yang bertanggung jawab dan dapat membimbing Anda dalam sebuah komitmen hubungan jangka panjang.

Tidak masalah tetap menjadi seseorang yang menyenangkan, namun Anda dan pasangan harus bisa mandiri secara emosional dan finansial. Kualitas ini mencakup kemampuan Anda dan pasangan untuk memahami dan mengakui kesalahan masing-masing dan membuatnya sebagai pembelajaran menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Integritas jujur
Dalam sebuah hubungan, kejujuran merupakan komponen terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pasangan. Kenyamanan dalam sebuah hubungan membutuhkan kejujuran satu sama lain. Walaupun kejujuran tergantung pada prinsip masing-masing pribadi, namun ketika Anda menemukan kualitas ini di dalam hubungan Anda, maka Anda tahu bahwa hubungan ini layak untuk dipertahankan.

6. Kecocokan
Tidak ada dua orang dalam sebuah hubungan yang akan benar-benar cocok ketika mereka bersama, pasti akan ada beberapa ketidakcocokan yang ditemukan seiring berjalannya waktu. Berhati-hatilah dengan beberapa isu krusial, seperti uang, agama, politik, dan anak, karena hal tersebut yang biasanya membuat hubungan berakhir gagal. Sebelum memutuskan untuk berkomitmen, sebaiknya Anda membuat sebuah diskusi serius terkait hal tersebut untuk mencari tahu apakah Anda dan pasangan memiliki pandangan yang sama.

7. Pribadi yang simpati
Anda dan pasangan harus menjadi dua pribadi yang berbeda untuk membuat hubungan berjalan dengan baik selamanya. Jika Anda adalah seorang introvert, maka sebaiknya Anda menemukan seseorang yang ekstrovert sebagai pasangan Anda. Sebaliknya juga begitu, jika Anda adalah orang yang ekstrovert, pastikan pasangan Anda adalah orang yang introvert. Karena terkadang, dua pribadi yang sama dalam sebuah hubungan hanya menyebabkan frustasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.