Sukses

6 Kesalahan Paling Umum saat Berdiet

Agar tidak terjebak dalam kesalahan diet, yuk kita intip 6 kesalahan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat berat badan dirasa sudah berlebihan, Anda mungkin memikirkan cara untuk berdiet. Namun tak sedikit orang yang melakukan kesalahan dalam berdiet. Kesalahan ini bukannya membuat tubuh Anda makin sehat, tetapi justru bertambah gemuk. Kalaupun berat badan Anda bisa berkurang, maka cara yang Anda lakukan tidak lah sehat.

Agar tidak terjebak dalam kesalahan diet, maka Anda pun perlu mengetahuinya. Dikutip dari Metro, Selasa (22/3/2016), ini kesalahan diet yang paling umum dilakukan orang.

1. Terlalu membatasi diri
Diet memang artinya membatasi, tetapi diet ketat justru akan membuat Anda lebih tidak mampu menahan diri. Semangat diet ketat tidak mungkin berlangsung terus menerus. Pada suatu saat Anda akan jenuh dan akhirnya makan terlalu banyak.

2. Melewatkan waktu makan

Mirip seperti terlalu ketat membatasi diri, melewatkan waktu makan akan membuat Anda terlalu lapar. Sehingga, waktu makan selanjutnya akan membuat Anda tidak mampu menahan diri untuk makan terlalu banyak.

3. Melewatkan snack favorit Anda
Diet memang membatasi makan, tetapi tidak meniadakan. Jika Anda penggemar cokelat atau biskuit maka sebaiknya Anda tidak berhenti memakannya. Yang perlu Anda lakukan adalah membatasi jumlah yang dikonsumsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesalahan berdiet

4. Lupa minuman juga berkalori
Diet bukan urusan makanan saja, tetapi juga minuman. Apalagi minuman manis, gula dari minuman juga memiliki kalori yang cukup tinggi. Maka jangan heran, ketika Anda sudah membatasi makan, berat badan Anda masih akan bertambah saat Anda juga tidak membatasi minum.

5. Memaksakan diet bebas gluten
Memang, kadang-kadang gluten mengandung gula dan lemak yang tinggi. Namun, tidak semua orang sebetulnya perlu menghindari gluten, kecuali memang orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten.

 Remaja perempuan yang rutin melakukan hal ini malah memberi efek negatif terhadap dirinya.

6. Sering mengecek timbangan
Hasil diet memang selalu ditunggu. Namun, bukan berarti Anda harus mengecek timbangan setiap saat bahkan berkali-kali dalam sehari. Ini justru membuat Anda stres. Ada baiknya Anda mengecek berat badan secara rutin, tetapi pastikan lakukan itu hanya maksimal sekali dalam sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini