Sukses

7 Pertanyaan Ini Analisa Hubungan Asmara Anda Sehat atau Buruk

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menganalisa di mana hubungan Anda dan pasangan berada, sehat atau buruk?

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya, Anda bisa menganalisa hubungan Anda masuk kategori sehat atau buruk dari apa yang terjadi sehari-hari. Contohnya, apakah pasangan Anda sering berlaku kasar terhadap Anda? Atau apakah ia orang yang begitu posesif dan protektif terhadap diri Anda?

Dilansir dari self.com, Selasa (22/3/2016), berikut adalah beberapa tanda yang dapat membantu mencari tahu di mana hubungan Anda berada, hubungan yang sehat atau sebaliknya?

1. Bagaimana Anda menangani masalah dalam hubungan
Hubungan yang sehat : Anda akan meminta maaf kepada pasangan jika melakukan sebuah kesalahan, begitu juga sebaliknya.
Hubungan yang buruk : Anda merasa tidak perlu meminta maaf pada awalnya, namun jika harus melakukannya, Anda tidak akan berani melakukannya secara langsung. Anda akan memilih pergi terlebih dahulu, baru meminta maaf.

Semua orang pasti melakukan kesalahan dalam hubungan. Hal terpenting adalah bagaimana Anda menghadapinya. Banyak orang akan memilih untuk bertindak seolah-olah tidak ada hal yang salah dalam hubungan mereka.

Di dalam sebuah hubungan yang sehat, Anda harus mampu bersikap terbuka mengakui segala kesalahan Anda. Hal ini membantu meyakinkan jika ia benar-benar mencintai Anda setelah kesalahan yang Anda lakukan.

2. Apa yang Anda tekankan kepada pasangan
Hubungan yang sehat : Sebagian besar pasangan akan saling menceritakan hal-hal yang menyenangkan satu sama lain. Namun, tidak ada salahnya bagi mereka untuk mengeluh atau sekedar memberi masukan, agar hubungan berjalan lebih baik di masa mendatang.
Hubungan yang buruk : Anda selalu berkeluh kesah dan menumpahkan segala perasaan frustasi kepada pasangan. Jika tidak, Anda hanya membahas kebaikan yang Anda perbuat.

Dalam sebuah hubungan yang bahagia, orang-orang akan saling bercerita mengenai hal-hal yang membahagiakan mereka. Sebaliknya, jika mereka berada di dalam hubungan yang buruk, Anda hanya akan berbicara tentang kekecewaan yang Anda alami dan menyalahkan orang lain akan hal ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diam, Dapat Diandalkan

3. Seberapa sering Anda dan pasangan saling diam
Hubungan yang sehat : Bahkan ketika Anda berada dalam keadaan sangat marah, Anda masih akan memikirkan perasaan pasangan, dan tidak ingin melihatnya sengsara akibat diabaikan.
Hubungan yang buruk : Salah satu dari Anda atau pasangan akan benar-benar mengabaikan satu sama lainnya, setelah pertengkaran.

Berdasarkan penelitian, berdiam diri atau sengaja pergi menghilang setelah terjadi pertengkaran dengan pasangan hanya akan memperburuk hubungan yang sedang dijalani. Diam adalah sebuah bentuk manipulasi emosional dan ini membuat pasangan Anda semakin tidak mengerti tentang apa yang terjadi atau apakah Anda masih mencintainya atau tidak. Pasangan yang berada di dalam sebuah hubungan yang sehat akan menghindari perasaan sakit hati semacam ini.

4. Apa Anda dan pasangan benar-benar dapat diandalkan
Hubungan yang sehat : Ketika pasangan mengatakan bahwa ia akan melakukan sesuatu, Anda tahu ia akan benar-benar melakukannya.
Hubungan yang buruk : Anda tidak tahu apakah yang dikatakan oleh pasangan benar-benar akan dilakukannya, atau hanya sekedar ucapan saja.

Dalam sebuah hubungan yang sehat, Anda harus memiliki landasan kepercayaan, stabilitas, dan keamanan. Namun, dalam hubungan yang buruk, Anda akan terus berada di dalam kecemasan, karena Anda tidak tahu kapan ia akan marah atau apakah ia akan menepati semua janji-janji yang pernah diucapkan.

3 dari 3 halaman

Perkelahian, Dunia Sendiri

5. Berapa banyak perkelahian kecil menjadi pertengkaran yang hebat
Hubungan yang sehat : Anda dan pasangan dapat menerima dalam sebuah hubungan terkadang akan ada perbedaan pendapat.
Hubungan yang buruk : Perbedaan yang sepele sering menimbulkan debat argumen yang panjang.

Perbedaan pendapat seharusnya tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk bertindak benar atau salah. Kecenderungan untuk saling menyalahkan saat berbeda pendapat dapat menjadi akar dari timbulnya pertengkaran yang hebat.

6. Apakah Anda masih memiliki dunia sendiri
Hubungan yang sehat : Anda masih memiliki kegiatan bersama dengan teman-teman, begitu juga dengan pasangan Anda.
Hubungan yang buruk : Anda dan pasangan adalah dua manusia yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Kebersamaan yang berlebihan dengan pasangan hanya menunjukkan rasa tidak aman untuk berpisah. Ini sama halnya seperti Anda tidak memiliki kepercayaan satu sama lain.

Sebaliknya, dalam sebuah hubungan yang sehat, Anda dan pasangan masih memiliki hobi, dunia, persahabatan, dan ketertarikan masing-masing, yang akan membuat ikatan dalam hubungan tersebut menjadi lebih baik.

7. Seberapa nyaman Anda untuk terbuka dalam hal apapun
Hubungan yang sehat : Anda merasa dapat membicarakan segala hal dengannya.
Hubungan yang buruk : Anda akan menyembunyikan beberapa hal yang dirasa tidak akan disukai olehnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini