Sukses

Ini Bahaya Unggah Foto Paspor dan Tiket Pesawat ke Media Sosial

Tren mengunggah foto paspor dan tiket pesawat ke media sosial akan memberikan dampak buruk pada perjalanan Anda seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, kita perlu menjaga kerahasiaan data paspor dan boarding pass dengan baik. Hal ini harus dilakukan karena dalam kedua benda tersebut tercantum data-data penting penerbangan yang akan Anda lakukan.

Tren selfie dan mengunggah foto paspor serta boarding pass di media sosial memang marak dilakukan oleh sebagian orang. Hal itu mungkin dilatarbelakangi semangat mereka karena akan melakukan sebuah perjalanan, baik itu liburan atau hanya sekedar perjalanan bisnis.

Seperti dilansir dari Elitereaders.com pada Senin (21/3/2016), sejumlah kasus pembajakan data penerbangan terjadi yang ternyata diakibatkan oleh foto paspor dan boarding pass beberapa penumpang. Ketika foto tersebut diunggah, hacker dengan leluasa mengubah nomor kursi atau jadwal penerbangan seseorang.

Mungkin mengunggah foto paspor dan boarding pass terkesan sepele, tetapi berpotensi mengundang pihak lain untuk berbuat kejahatan. Pasalnya, dalam boarding pass tersebut terdapat nomor kursi dan penerbangan yang Anda dapatkan.

Hal ini jelas tak hanya merugikan orang yang akan melakukan penerbangan, tetapi juga maskapai bersangkutan karena harus memperbaiki data penting tersebut. Selain itu, pada paspor juga tercantum alamat rumah, nomor telepon, dan data penting lainnya yang harus dijaga kerahasiaannya.

Berikut ini video yang dapat Anda saksikan untuk mengetahui pentingnya menjaga kerahasiaan paspor dan boarding pass Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.