Sukses

7 Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Tahu Pasangan Berselingkuh

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi pasangan yang berselingkuh.

Liputan6.com, Jakarta Selingkuh, siapa yang tidak pernah terpikir akan satu kata ini? Sebagai seseorang yang sedang menjalin hubungan asmara, Anda pasti tidak pernah berharap untuk mengalami hal yang satu ini.

Walalupun Anda bahagia dengan hubungan yang sedang Anda jalani saat ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti jika pasangan Anda berselingkuh dari Anda. Apa yang akan Anda lakukan?

Percaya atau tidak, ada hal-hal positif yang dapat Anda lakukan saat menemukan pasangan Anda berselingkuh. Pada saat-saat sulit seperti hal ini ada hal lain yang dapat Anda lakukan, selain merasa terpuruk dan tersakiti.
Dilansir dari sheknows.com, Senin (21/3/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah menemukan pasangan Anda berselingkuh.

1. Putuskan untuk pergi atau tetap bersamanya
Hal ini membutuhkan waktu setelah Anda dapat mencerna apa yang sebenarnya terjadi di dalam hubungan Anda dengan pasangan. Setelah memahami kondisinya, Anda dapat memutuskan untuk tetap bersama dengan seorang pengkhianat atau pergi dari hubungan yang telah menyakiti Anda.
Jika pasangan Anda tidak tampak seperti seseorang yang dapat melakukan hal tersebut dan benar-benar menyesali perbuatannya, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk memberinya kesempatan kedua. Namun, jika ini bukan perselingkuhan pertama yang dilakukannya, maka pikirkan lagi untuk kembali bersama dengan orang semacam itu.

2. Bicarakan semuanya
Jika Anda telah memutuskan untuk tetap bersama-sama dengan orang yang mengkhianati Anda, maka penting untuk membicarakan tentang apa yang terjadi dan mengapa.
Mendengar apa yang dikatakan pasangan Anda mungkin akan menjadi suatu hal yang sangat menyakitkan, namun ini penting untuk dilakukan. Sama halnya dengan pasangan Anda yang harus siap mendengar apa yang Anda rasakan, bagaimana perlakuannya begitu menyakiti Anda. Hal ini akan memberikan waktu dan tempat tersendiri bagi emosi Anda.

3. Berpisah sementara
Ini mungkin lebih terdengar sebagai suatu hal yang kejam daripada baik, namun perpisahan sementara dengan pasangan setelah perselingkuhan yang dilakukannya dapat membantu Anda untuk menganalisa apa yang harus Anda lakukan mulai saat ini. Anda juga dapat berpikir lebih jernih ketika berbicara dengannya.

4. Datangi terapis hubungan
Terkadang satu-satunya cara untuk dapat berkomunikasi secara efektif setelah terjadi perselingkuhan di dalam hubungan Anda adalah dengan bantuan pihak ketiga yang profesional. Dengan bantuan seorang terapis hubungan, Anda dan pasangan dapat menentukan apa yang telah terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya.

5. Cari akar masalahnya
Mungkin setelah berkonsultasi dengan seorang terapis hubungan, Anda belajar untuk mendengarkan dengan lebih baik. Anda juga harus memahami apa alasan di balik perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan Anda. Mungkin ia terlalu marah kepada Anda dan tidak mengerti bagaimana mengekspresikannya, atau mungkin ia merasa bahwa hubungan yang dijalani bertambah serius, sehingga ia merasa tidak berani mengambil resiko.
Tidak hanya alasan dari perselingkuhan yang harus dicari tahu, namun seberapa banyak peran dari Anda dan pasangan terhadap kejadian ini.
Ingatlah, bahwa Anda tidak perlu memahami semua alasan yang ada, dan Anda harus melakukan segala hal yang dapat membuat diri Anda sendiri berkembang lebih baik di masa depan.

6. Maafkan, lupakan, dan lanjutkan hidup
Jika Anda memutuskan untuk mempertahankan hubungan ini, maka memaafkan pasangan dan memeluk kembali hubungan ini seperti yang Anda lakukan sebelumnya adalah hal yang harus Anda lakukan. Namun, jika Anda merasa tidak dapat melakukannya, maka keluar dari hubungan yang satu ini dan dapatkan seseorang dalam hubungan yang lebih baik.
Hal ini akan memperkuat perasaan cinta dan membuat Anda menjadi lebih dekat satu sama lain.

7. Jika tidak dapat mengatasinya, maka lepaskan
Jika Anda merasa telah berusaha keras untuk keluar dari situasi sulit yang menyakiti Anda ini, maka ini saatnya Anda untuk benar-benar pergi.
Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah orang sepertinya adalah orang yang benar-benar Anda inginkan di masa depan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini