Sukses

5 Manfaat Berenang Bagi Anda yang Punya Rutinitas Padat

Berikut ini 5 manfaat positif dari berenang bagi Anda yang punya rutinitas padat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kaum urban, khususnya masyarakat perkotaan, menemukan aktivitas olah tubuh yang tepat di tengah rutinitas padat tak bisa lagi dipandang remeh. Jika melihat tren saat ini, olahraga sudah menjadi sebuah kebutuhan, baik itu untuk kesehatan dan juga untuk bersosialisasi.

Berbagai macam pilihan olahraga untuk para pekerja yang mungkin tak memiliki banyak waktu, seperti lari, fitness, crossfit, yoga, bersepeda, dan berenang. Mungkin terkesan membutuhkan waktu khusus untuk melakukan olahraga renang.

Namun, seperti dilansir dari Huffingtonpost pada Jumat (18/3/2016), aktivitas berenang memiliki manfaat tak hanya sekedar untuk kesehatan. Berikut ini, tim liputan6.com merangkum beberapa manfaat dari aktivitas berenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Air merupakan elemen menenangkan

1. Air merupakan elemen menenangkan

Air merupakan elemen menenangkan (sumber. huffingtonpost.com)
Air memiliki makna harafiah sebagai simbol pembaruan dan pemurnian. Beberapa penelitian pun mendukung hal tersebut yang menunjukkan bahwa air memiliki pengaruh kuat pada otak, seperti sebuah aktivitas meditasi. Aktivitas berenang bisa menambah kemampuan otak menangkap manfaat kognitif.

3 dari 6 halaman

Berenang memiliki resiko yang rendah

2. Berenang memiliki resiko yang rendah

Berenang memiliki resiko yang rendah (sumber. huffingtonpost.com)
Tidak seperti jogging atau fitness yang masih memiliki resiko cukup tinggi berpengaruh pada jantung. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang memiliki resiko yang jauh lebih rendah dan lebih cocok untuk melatih jantung bagi orang lanjut usia.

4 dari 6 halaman

Berenang membuat Anda lebih dekat dengan alam

3. Berenang membuat Anda lebih dekat dengan alam

Berenang membuat Anda lebih dekat dengan alam (sumber. huffingtonpost.com)
Jika tinggal di dekat danau atau laut, Anda bisa lebih dekat dengan alam lewat aktivitas berenang. Selain memiliki dampak positif pada tubuh, berenang juga berpengaruh pada kesehatan mental dalam mengurangi stres dan meningkatkan mood.

5 dari 6 halaman

Berenang membangun kekuatan dan kemampuan menstimuli jantung

4. Berenang membangun kekuatan dan kemampuan menstimuli jantung

Berenang membangun kekuatan dan kemampuan menstimuli jantung (sumber. huffingtonpost.com)
Meskipun resiko yang rendah, berenang mampu memberikan pengaruh besar pada daya kerja jantung, seperti halnya latihan aerobik. Bagi Anda para pekerja yang jarang mengolah tubuh, berenang bisa jadi salah satu aktivitas untuk membangun otot.

6 dari 6 halaman

Berenang membantu mengelola kesehatan paru-paru

5. Berenang membantu mengelola kesehatan paru-paru

Berenang membantu mengelola kesehatan paru-paru (sumber. huffingtonpost.com)
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan berenang, Anda bisa mengembangkan kapasitas paru-paru lebih baik. Sebuah studi yang pada 2007 mengemukakan jika Anda memiliki kapasitas paru-paru yang besar memiliki potensi besar terhindar dari penyakit kardiovaskular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini