Sukses

Menyusuri Jejak Genosida di Kamp Nazi yang Menyeramkan

Holocaust dikenal sebagai tragedi pembantaian kaum Yahudi oleh Nazi di Auschwitz yang kini lokasinya terisolasi.

Liputan6.com, Jakarta The Holocaust merupakan tragedi pembantaian ras atau genosida yang terjadi pada enam juta penganut Yahudi pada Perang Dunia II oleh negara Jerman Nazi. Dipimpin oleh Adolf Hitler pada masa itu, kira-kira dua juta wanita dan tiga juta pria Yahudi dibantai dengan sadis dalam satu lokasi bernama Auschwitch yang adalah kamp konsentrasi Nazi di Polandia.

Begitu banyaknya korban jiwa yang terjadi pada tragedi tersebut membuat tempat tersebut kini menjadi sangat angker. Tak terbayang kekejian yang dilakukan Nazi kepada para penganut Yahudi dan golongan minoritas lainnya dengan maksud membantai habis mereka.

Auschwitz merupakan tempat tragedi The Holocaust (sumber theatlantic.com)

Auschwitz sendiri dulunya digunakan sebagai barak tentara, penjara, penampungan budak, laboratorium eksperimen, dan pusat eksekusi. Dari sederet fungsi tersebut, Anda bisa membayangkan semenyeramkan apa tempat ini kini.

Kisah memilukan tersebut mungkin tak hanya menciptakan trauma bagi para tawanan yang berhasil lolos, tetapi juga keluarga, kerabat, serta para pengunjung. Dalam sebuah proyek film dokumenter, sebuah drone diterbangkan untuk merekam setiap sudut yang menggambarkan kekejian Nazi pada masa itu.

Seperti dilansir dari Elitereaders.com, Jumat (18/3/2016), sebuah video berdurasi enam menit menggambarkan bagaimana setiap sudut bangunan tua bertingkat yang menjadi kuburan massal bagi jutaan orang. Dengan latar musim dingin, gedung-gedung tua yang menampung para tawanan, jalur kereta, dan padang rumput luas tampak membisu dan mengerikan.

Tak jarang para pengunjung yang datang ke lokasi tersebut menemui peristiwa mistis, seperti mendengar teriakan orang-orang kesakitan. Orang-orang yang lolos dari tragedi tersebut pun masih dihantui rasa sakit dari tindakan eksperimen dan eksekusi oleh tentara Nazi.

Simak video berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.