Sukses

Walkot Makassar Rancang Tempat Pembuangan Sampah Bintang Lima

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto merancang tempat pembuangan akhir (TPA) sampahnya dengan konsep bintang lima.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto merancang tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dengan konsep bintang lima yang memiliki banyak fungsi.

"Insya Allah, pembangunannya akan segera kita lakukan dan konsepnya itu bintang lima. TPA Antang Tamangapa ini nantinya akan multifungsi," kata Wali Kota Ramdhan Pomanto di Makassar, Sabtu.

Ramdhan Pomanto yang berlatar belakang arsitek merancang model TPA yang belum pernah ada di Indonesia ini dan mendesainnya secara khusus dengan sejumlah fungsi di dalamnya.

"Selain TPA dengan akses jalan utama jalur dua, juga terdapat bank sampah induk dan waste energy (pembakit listrik dari gas sampah) serta banyak fungsi lainnya," katanya.

Danny (sapaan akrab wali kota) di sela-sela rapat koordinasi SKPD terkait progres TPA Bintang Lima Antang itu memaparkan bahwa terdapat juga berbagai mesin pengolahan limbah untuk industri kecil masyarakat. Di antaranya, mesin pengolah sampah plastik, kertas, dan kaca.

Dari tempat tersebut, lanjutnya, akan banyak tercipta produk dengan bahan dasar plastik, kaca, maupun kertas, seperti bola plastik, vas bunga, dan lainnya.

Harapannya hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan serta bisa membuka lapangan kerja baru sehingga persoalan pengangguran juga bisa ikut teratasi.

Di tempat ini juga bisa difungsikan sebagai tempat penyaluran bakat-bakat anak muda Makassar utamanya dalam bidang otomotif.

"Kita punya jalanan yang luas dan memiliki panjang sekitar 1.500 meter yang lurus. Saya kira Bisa di tempati drag race sebagai sarana menyalurkan talenta anak-anak muda kita," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.