Sukses

4 Hal Ini Dapat Mencegah Perceraian Terjadi

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengembalikan keharmonisan hubungan pernikahan Anda dan pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hubungan pernikahan tak berjalan mulus bukan karena tidak ada lagi cinta di antara suami-istri, melainkan kurangnya pemahaman tentang keharmonisan rumah tangga. Namun jangan khawatir strategi dan tips berikut ini ini dapat membantu Anda melalui beragam hal buruk dalam sebuah pernikahan. Dilansir dari sheknows.com, Selasa (15/3/2016), berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dan pasangan mengembalikan keharmonisan dan menghindarkan Anda dari perceraian.

1. Cintai pasangan dengan cara ia ingin dicintai
Anda dan pasangan adalah dua manusia yang berbeda. Apa yang Anda pikir akan dilakukan dan harus dilakukannya, belum tentu merupakan kebenaran. Hal yang biasa terjadi adalah, ketika pasangan Anda mengatakan ia tidak menyukai gym, Anda malah membelikannya peralatan olahraga ke rumah. Benda ini bukan untuknya, namun untuk Anda, dan ia mungkin akan membenci benda tersebut.
Jadi mulai saat ini, coba dengarkan pasangan Anda dan cobalah untuk memenuhi keinginannya, tidak hanya keinginan Anda sendiri. Tentu saja, hal ini berlaku sebaliknya. Pasangan juga harus mendengarkan keinginan Anda dan bersikap adil.

2. Jangan berfokus pada hal-hal kecil yang mengganggu
Hal ini terjadi pada hampir semua pasangan yang ada di dunia. Mereka terbiasa untuk melihat kekurangan satu sama lain. Anda terus menegur pasangan dan memberitahunya bahwa ia harus berhenti melakukan hal-hal yang Anda anggap dapat mengganggu.
Ini adalah kutukan bagi Anda yang menginginkan hubungan pernikahan yang lancar dan harmonis dalam jangka panjang. Mengingat dan menyesali hal-hal buruk yang terjadi pada pasangan, hanya akan membuat Anda melupakan semua kebaikan yang pernah dilakukannya selama ini.
Lebih baik bagi Anda untuk memaklumi kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukannya, terutama jika ia tidak setiap hari melakukan kesalahan. Menganggap keburukan yang ada pada diri pasangan sebagai hal yang tidak terlalu penting untuk dipikirkan juga dapat membebaskan Anda dari stres dan jengkel berlebih kepada pasangan.

3. Lakukan pertemuan mingguan
Pertemuan ini mungkin adalah hal yang paling bermanfaat bagi Anda yang ingin memelihara hubungan pernikahan kembali sehat. Buatlah agenda untuk kencan sekali dalam seminggu. Anda dan pasangan dapat membahas tujuan dari pernikahan dan bagaimana cara mencapainya, pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh Anda dan pasangan, serta membagi tugas mingguan yang harus dilakukan.
Ide ini juga dapat membantu Anda terhubung secara emosional dan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih tenang.

4. Berkembang bersama pasangan
Sangat penting bagi setiap pasangan untuk terus tumbuh dan berkembang. Anda dan pasangan harus terus mencari pengalaman baru, seperti berlibur bersama. Dengan menghabiskan waktu bersama saat liburan Anda dan pasangan dapat lebih menyadari dan bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selain itu, liburan bersama berarti membuat kenangan bersama dengan pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini