Sukses

Sowan Sejenak ke Masjid Termegah di Riau

Dengan luas bangunan 15.800 meter persegi, Masjid Agung Madani menjadi masjid termegah di Provinsi Riau.

Liputan6.com, Riau Jika Jakarta punya Masjid Istiqlal, Riau kini memiliki Masjid Agung Madani di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dibangun di kawasan Islamic Center Pasirpangaraian. Pada 2015 lalu, masjid yang menelan biaya sekitar Rp 502 miliar ini telah dinobatkan menjadi salah satu yang terbesar dan terbaik di bumi Riau.

Masjid Agung Madani yang berlokasi di Kabupaten Rokan Hulu, tepatnya di kawasan Islamic Centre Pasirpangaraian, merupakan masjid terbesar kebanggaan masyarakat Riau. Diresmikan pada 2015, masjid yang menghabiskan Rp 502 miliar dalam pembangunannya tersebut tak hanya megah, tetapi juga memiliki interior ruangan yang bercita rasa seni tinggi.

Saat Liputan6.com berkunjung, Kamis (10/3/2016), Rahmad, salah seorang pengelola Masjid Agung Madani, menceritakan masjid tersebut pernah menjadi juara pertama Lomba Masjid Teladan di tingkat provinsi Riau. Kini masjid yang tengah dalam tahap revitalisasi akan bersaing kembali dengan 33 masjid dari berbagai provinsi untuk menjadi masjid teladan se-Indonesia.

Menurut sejarahnya, pembangunan Masjid Agung Madani Rohul digagas oleh Bupati Rokan Hulu, H Achmad. Mulai dibangun sejak 2008, masjid ini dibangun di atas lahan seluas 22 hektar dengan luas bangunan mencapai 15.800 meter persegi. Setelah sekitar 2 tahun masa pengerjaan, Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu untuk pertama kali diresmikan sekaligus dioperasikan penggunaannya pada Jumat, 6 Agustus 2010.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dihiasi dengan berbagai kaligrafi serta lampu gantung seberat 2 ton, terbuat dari Pelat Kuningan dari Italia, dan batu mulia dari penjuru Indonesia. Yang menarik, tiap pintu masjid memiliki namanya sendiri. Pintu Babussalam untuk pintu utama, pintu Khodijah untuk pintu kanan, dan pintu Aisyah untuk pintu bagian kiri.

Sementara itu, pada bagian selatan, pintu utama bernama Aisyah I, pintu kanan Usman bin Affan, pintu kiri Umar bin Khatab. Dilengkapi dengan kubah masjid berdiameter 25 meter dan tinggi 55 meter, empat menara dengan tinggi masing-masing 66,66 meter, dan menara utama setinggi 99 meter, Masjid Agung Madani menjadi masjid termegah kebanggaan masyarakat Riau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.