Sukses

Cara Kocak Orang Indonesia Saksikan Gerhana Matahari

Berikut beberapa cara orang Indonesia dalam menyaksikan momen langka, gerhana matahari total hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Gerhana matahari total hari ini, Rabu (9/3/2016) akhirnya muncul setelah beberapa waktu belakangan selalu dibicarakan kehadirannya. Kesempatan kali ini, gerhana matahari total melewati wilayah Indonesia bagian timur. Namun, tidak mustahil seluruh masyarakat yang berada di daerah lain juga dapat menyaksikannya.

Hal ini membuat semua orang di dunia antusias untuk berbondong-bondong menyaksikan salah satu momen langka yang satu ini. Para ilmuwan dari seluruh dunia juga datang ke Indonesia untuk dapat menyaksikan langsung detik demi detik berlangsungnya gerhana matahari total dengan berbagai persiapan. Namun bagaimana dengan cara orang Indonesia sendiri menyaksikan gerhana matahari total? Penasaran? Tim liputan6.com telah melakukan riset melalui instagram untuk menemukan cara-cara menarik orang Indonesia menyaksikan gerhana matahari total.

1. Memakai kacamata renang

Seperti himbauan yang telah sering Anda dengarkan beberapa waktu belakangan ini, untuk menyaksikan gerhana matahari total, Anda tidak diperbolehkan menggunakan mata telanjang, tanpa kacamata pelindung. Mendekati momen gerhana matahari total, penjualan kacamata gerhana meningkat drastis, bahkan habis di detik-detik kemunculan gerhana. Namun, tampaknya hal ini tidak penting bagi beberapa pria dalam foto di atas. Tidak ikut beramai-ramai dengan orang banyak, tiga orang pria ini tampak menyaksikan gerhana dari depan sebuah rumah dengan menggunakan kacamata. Satu orang di sebelah kanan memakai sunglasses, sedangkan dapatkah Anda menebak apa yang digunakan oleh dua orang di sampingnya? Ya! Mereka memakai kacamata renang. Sekarang Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari kacamata gerhana.

 

#nontongerhana #minggadventure

A photo posted by 3.15 (@tigalimabelas) on

2. Memakai plastik filter hitam

Anda tidak juga merasa aman memakai kacamata renang untuk menyaksikan gerhana matahari? Dua pria ini memberikan ide menarik lainnya, memakai plastik filter untuk menutupi kedua mata mereka. Mudah dan menarik, bukan?

 

In lak ban we trust! #nontongerhana #karonyoto #wareg #alhamdulillah

A photo posted by Harris Satya (@satyaharris) on

3. Menyaksikan sebelah mata

Banyaknya himbauan untuk menyaksikan gerhana matahari total mungkin tidak menurunkan antusiasme Anda untuk menyaksikan momen gerhana matahari total hari ini. Seperti kedua orang yang ada di dalam foto ini. Dengan menggunakan pastik filter seadanya, mereka menyaksikan gerhana matahari dengan sebelah mata. Selain berbagi, hal ini juga menunjukan tekad yang besar. Menarik!

 

Edan karo kreatif kacek sitik Efek ameh delok gerhana #jogonalanlor #gerhanamatahari #eclipse #nontongerhana

A photo posted by Ferdi (@ridhwanferdi) on

 

4. Pakai sarung dan helm

Lain halnya dengan foto yang diunggah akun Instagram arintadewii. Pada akun tersebut terpajang foto seorang bapak terlihat antusias menyaksikan gerhana matahari. Uniknya bapak tersebut masih menggunakan sarung dan menjadikan kaca helm sebagai kacamata khusus untuk melihat gerhana. 

 

#nontongerhanamatahari 😆😆😆

A photo posted by @arintadewii on

 

5. Teropong ala Kadarnya

Banyak cara kreatif dilakukan orang Indonesia untuk bisa menyaksikan gerhana matahari di daerah mereka masing-masing. Keterbatasan kacamata khusus gerhana ternyata tak menyurutkan semangat mereka untuk bisa menyaksikan fenomena alam langka ini. Keterbatasan tersebut justru menjadikan orang Indonesia melakoni berbagai cara kreatif untuk bisa menyaksikan gerhana.

Akun Instagram pitri_r yang mengunggah fotonya dari Jalan Kopo Sayati, Bandung, memperlihatkan seorang lelaki yang sedang menyaksikan gerhana dengan perlengkapan sederhana yang dibuatnya sendiri. Meski hanya menggunakan filter ala kadarnya, sosok lelaki tersebut nampak serius memandang gerhana tak kalah dengan gaya peneliti NASA.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini