Sukses

Menyatukan Energi dalam Yoga, Gerhana, dan Nyepi

Bagi masyarakat Bali, Nyepi tahun ini menjadi sangat spesial karena bertepatan dengan momen gerhana matahari.

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Bali, momen gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang menjadi sangat spesial. Pasalnya momen gerhana ini bertepatan dengan Hari Nyepi yang diperingati sebagian besar masyarakat Bali.

Untuk memanfaatkan momen super langka ini, Four Seasons Resorts Bali menggelar Nyepi Eclipse Yoga di dua resort ternama di Bali, yaitu resort kaki Gunung Sayan dan Villa Beach Resort Jimbaran Bay. Dipandu oleh instruktur yang berpengalaman, aktivitas yoga kali ini akan memadukan energi dari gerhana matahari dan alam yang hening.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (7/3/2016), Direktur Spa Regional untuk Four Seasons Resorts Bali, Lusia Anderson, mengatakan, “Nyepi adalah waktu untuk pemurnian dan pembaharuan yang didukung oleh keheningan dengan berlaku tidak aktif, seperti alam. Aktivitas yoga dan meditasi menjadi salah satu cara yang tepat, apalagi dikombinasikan dengan energi gerhana matahari. Ini akan menjadi lebih unik.”

Lebih jauh dirinya menuturkan gerhana merupakan waktu yang ideal untuk praktik spiritual, meditasi, dan instropeksi diri dari segala hal dalam hidup. Nyepi Eclipse Yoga menjadi momen yang tepat dan unik.

Nyepi dalam tradisi Bali bukanlah ajang hura-hura dan pesta, melainkan momen bagi diri untuk beristirahat dan memulihkan keseimbangan antara Tuhan, manusia, dan lingkungan. Di Bali sendiri gerhana matahari akan terjadi pada pukul 07.22 waktu setempat. Bentuk maksimum gerhana akan terjadi pada 08.27 dan akan berakhir pada 09.42.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.