Sukses

Panduan Wisata Halal di Singapura

Global Muslim Travel Index menobatkan Singapura sebagai negara non-muslim paling ramah pada wisatawan muslim.

Liputan6.com, Jakarta Singapura kembali dinobatkan sebagai negara non-muslim yang paling ramah terhadap wisatawan muslim oleh Global Muslim Travel Index. Penilaian ini diberikan berdasarkan keamanan, servis yang baik, kemudahan mencari fasilitas salat, dan gerai makanan halal.

YourSingapore adalah sebuah brand yang diciptakan oleh Singapore Tourism Board untuk menawarkan berbagai kegiatan dan pengalaman agar Singapura menjadi tujuan yang wajib dikunjungi.
YourSingapore baru saja mengeluarkan sebuah buku panduan yang mengulas berbagai kawasan etnik dan tempat wisata populer di Singapura yang menyediakan gerai makanan halal dan fasilitas salat. Diringkas dari buku Muslim Travellers Guide to Singapore "Everything Muslim Travellers Need to Know When Exploring Singapore", Rabu (2/3/2016), berikut beberapa tempat di Singapura mulai dari Kampong Glam, Arab Street hingga Little India yang dapat Anda kunjungi.

1. Kampong Glam

Muslim? Ini Panduannya Untuk Berwisata di Singapura. Sumber : yoursingapore.com

Raffles menyediakan tanah untuk pemukiman masyarakat muslim. Kawasan tersebut menjadi daya tarik bagi perantau dari Selat Malaka, Sumatera, dan Jawa. Pesona kawasan ini adalah Masjid Sultan yang dikelilingi ruko-ruko berwarna pastel yang berjajar di kedua ruas Bussorah Street. Masjid ini memadukan arsitektur Eropa dan Asia, yaitu ukiran pada kayu khas Melayu, lengkungan khas Romawi, dan jendela bergaya Perancis.

Muslim? Ini Panduannya Untuk Berwisata di Singapura. Sumber : yoursingapore.com

Bila Anda ingin bersembunyi dari terik matahari, pergilah ke Istana Kampong Glam atau bekas istana sultan yang kini difungsikan sebagai Malay Haritage Center. Istana ini dikelilingi taman luas yang teduh. Untuk masuk ke tempat ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar 4 SGD. Buka dari hari Selasa hingga Minggu, pukul 10 pagi hingga 6 sore, Anda dapat menyaksikan workshop membatik dan membuat gerabah.

Untuk belanja souvenir khas Singapura, Anda dapat mengunjungi The Heritage Shop. The Heritage Shop menjual berbagai barang antik dari tahun 1930, seperti poster dan buku vintage. Toko ini buka setiap hari mulai dari pukul 1 siang hingga 8 malam.

Sedangkan jika Anda ingin melepas lelah sambil menikmati kudapan dan eksotisme Bussorah Street, datanglah ke Deli Moroccan. Deli Moroccan menyediakan masakan Maroko, seperti tagine (semur yang dimasak dengan mangkuk tanah liat). Deli Moroccan memiliki tiga gerai berbeda, yaitu Deli Moroccan, Deli Moroccan Yemen Restaurant, dan Deli Moroccan Turkish Restaurant.

2. Chinatown

Muslim? Ini Panduannya Untuk Berwisata di Singapura. Sumber : yoursingapore.com

Walaupun merupakan daerah pecinan, namun tempat ini juga memiliki banyak elemen yang menegaskan adanya multikultur.
Di sini Anda dapat belanja di lorong-lorong yang dipenuhi toko souvenir dan terbuka untuk melakukan tawar menawar.
Bagi Anda yang suka fotografi, dapat berjalan-jalan di sepanjang Neil Road, Keong Saik Road, Craig Road, Duxton Road, Duxton Hill, dan Tanjung Pagar Road untuk melihat deretan ruko berwarna-warni peninggalan zaman kolonial yang masih terawat.

Muslim? Ini Panduannya Untuk Berwisata di Singapura. Sumber : yoursingapore.com

Di Chinatown juga menyediakan walking tour gratis setiap hari mulai pukul 2 siang. Bagi yang tertarik, Anda dapat pergi ke Chinatown Heritage Center di 48 Pagoda Street, setidaknya 15 menit sebelum tur dimulai.

Muslim? Ini Panduannya Untuk Berwisata di Singapura. Sumber : yoursingapore.com

Jangan khawatir, di Chinatown terdapat sebuah tempat makan bernama "Tawakal Muslim Food". Di sini porsi yang disajikan cukup besar dengan pilihan menu, seperti nasi biryani dengan daging ayam atau kambing, nasi goreng, dan sate ayam atau kambing. Berlokasi di People's Park Food Centre, Tawakal Muslim Food buka setiap hari mulai pukul setengah 11 siang hingga 10 malam.

3. Marina Bay Sands

Muslim? Ini Panduannya Untuk Berwisata di Singapura. Sumber : yoursingapore.com

Marina Bay Sands adalah kompleks hotel yang terintegrasi dengan pertokoan, convention center, kasino, teater, dan museum.
Kebanyakan pengunjung ke tempat ini untuk sekedar window shopping.
Marina Bay Sands juga menyediakan pengalaman menyusuri toko di The Shoppes menggunakan sampan. Anda akan dikenakan biaya sebesar 10 SGD dengan tiket yang dapat dibeli di Retail Cocierge.

Muslim? Ini Panduannya Untuk Berwisata di Singapura. Sumber : yoursingapore.com

Salah satu gerai makanan halal di sini adalah 1983-A Taste of Nanyang. Ini merupakan komplek foodcourt mungil yang menawarkan aneka masakan tradisional Singapura dengan suasana tempo dulu. Sedangkan untuk fasilitas salat yang ada di sini adalah Sands Expo & Convention Center Level 3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.