Sukses

5 Langkah Awal Program Kebugaran

Kalau Anda ingin memulai program kebugaran agar tubuh makin sehat dan kuat, cobalah 5 langkah ini :

Liputan6.com, Jakarta Kalau Anda ingin memulai program kebugaran agar tubuh makin sehat dan kuat, cobalah 5 langkah ini :

1. Nilai tingkat kebugaran Anda. Sebelum memulai program, nilai dahulu kebugaran, fleksibilitas, dan komposisi tubuh dengan mempertimbangkan detak jantung sebelum dan setelah berjalan 1,6 km, berapa lama waktu yang diperlukan untuk menempuhnya, seberapa banyak push up yang bisa dilakukan, seberapa jauh Anda dapat meraih ujung jari saat sedang duduk di lantai dengan kaki menjulur ke arah depan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang.

2. Rancang programnya. Pertimbangkan tujuan program kebugaran Anda. Contohnya, apakah Anda ingin menurunkan berat badan atau memiliki motivasi lain mengikuti program latihan ini? Sebagai pertimbangan, kebanyakan orang dewasa melakukan setidaknya 300 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu. Rencanakan pula kemajuan aktivitas. Selain itu, pertimbangkan untuk memasukkan aktivitas fisik kebugaran dalam rutinitas Anda sehari-hari. Anda juga dapat merencanakan memasukkan aktivitas berbeda dalam program latihan. Jangan lupa memberi waktu pemulihan bagi tubuh Anda. Jangan memforsir tubuh. Bagaimanapun, tubuh memerlukan istirahat. Semua rencana tersebut hendaknya ditulis guna memastikan Anda berada di jalur yang benar.

 

 

3. Siapkan perlengkapan. Perlengkapan sederhana dimulai dengan sepatu atletik. Pastikan Anda menggunakan sepatu yang memang dirancang sesuai pilihan aktivitas. Anda bisa bertanya kepada pelatih pribadi atau petugas di toko olahraga guna memastikan sepatu yang cocok bagi jenis olahraga yang akan Anda jalani.

4. Mulai bergerak. Saat Anda siap menjalankan program, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan intensitas secara bertahap. Jangan lupakan pemanasan, peregangan, serta pendinginan dengan jalan santai. Anda tidak harus melakukan semua olahraga dalam satu waktu. Waktu lebih pendek tetapi sesinya lebih sering memiliki manfaat aerobik juga. Di akhir pekan, Anda bisa memasukkan program latihan dengan mengajak keluarga naik gunung atau berdansa bersama pasangan. Jika saat berlatih Anda merasa nyeri atau pusing, beristirahatlah. Begitu juga saat tubuh merasa “tidak enak”, istirahat saja selama 1-2 hari.

5. Amati kemajuan Anda. Catat kemajuan latihan enam minggu setelah Anda memulai program dan setelah itu setiap 3-6 bulan sekali. Jika Anda kehilangan motivasi, buat sasaran atau cobalah aktivitas baru. Berolahraga dengan teman atau mengikuti kelas tertentu di pusat kebugaran bisa membantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini