Sukses

6 Risiko yang Akan Terjadi Ketika Anda Tidur dengan Wajah Kotor

Untuk Anda yang terbiasa tidur dalam keadaan wajah kotor dan penuh sisa riasan, kenali 6 risiko buruk berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah mendengar bahwa tidur dalam keadaan masih mengenakan makeup, dapat menimbulkan efek yang buruk bagi kulit wajah. Namun, seringkali Anda menghiraukan dan tidak memperdulikannya. Sebelum terlambat, coba intip beragam risiko yang mengancam kulit wajah Anda. 

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Jumat (19/2/2016), berikut adalah beberapa risiko yang akan terjadi pada wajah Anda, apabila Anda terbiasa tertidur dalam keadaan wajah kotor dan masih mengenakan riasan.

1. Jerawat

Jika Anda jarang membersihkan wajah Anda, kotoran dan kulit matiakan semakin menumpuk. Menurut Dr. Annie Chiu, seorang dermatologis selebritas mengatakan, kotoran dan kulit mati akan menetap di wajah Anda, menyumbat pori-pori, dan dapat menyebabkan peradangan kronis dalam bentuk jerawat.

2. Kusam

Cobalah untuk melihat cermin ketika Anda bangun pagi. Apakah wajah Anda terlihat segar dan bersinar? Jika tidak, dapat dipastikan Anda tidak rajin  membersihkan wajah Anda di malam hari sebelum pergi tidur.

"Minyak dan sel kulit mati pada lapisan terluar dari kulit melawan bantal sepanjang malam, dan ini dapat menyebabkan lapisan epidermis berkurang," jelas Dr. Chiu.
Pembersihan yang dilakukan secara rutin, serta pengangkatan kulit mati adalah proses penting untuk memaksimalkan perkembangan sel kulit baru yang sehat. Hal ini juga akan mendukung proses perbaikan kulit secara alami.

Jika Anda memiliki rutinitas perawatan kulit yang baik dan wajah Anda telah terlihat bersinar, kabar baiknya, Anda tidak lagi memerlukan segala bentuk perawatan wajah yang terlalu mahal untuk permasalahan kulit wajah kusam.

3. Oksidatif

Kotoran dan sisa riasan yang tidak dibersihkan akan terjebak pada permukaan wajah Anda dan menyebabkan kerusakan oksidatif. "Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit terluar dan prematur pada wajah Anda," papar Dr. Chiu.

Anda tidak percaya? Pada tahun 2013, Daily Mail melakukan percobaan pada seorang wanita yang berhenti membersihkan wajahnya selama sebulan. Ia hanya terus menumpuk riasan pada wajah yang tidak pernah dibersihkannya. Hasilnya, ia terlihat lebih tua 10 tahun dari umur sebenarnya, dan hal itu terjadi karena ia berhenti membersihkan wajahnya selama 30 hari.

4. Kulit berminyak

Membersihkan wajah tidak hanya penting dilakukan oleh orang dengan kulit wajah normal, namun juga kulit wajah berminyak dan berjerawat. Memiliki kulit wajah berminyak atau berjerawat dan jarang membersihkan wajah, dapat memperburuk kondisi wajah Anda.

5. Abrasi

Tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu memang tidak akan menyebabkan infeksi, namun dapat membuat kulit Anda mengalami abrasi. Abrasi pada kulit di sini bisa berupa jerawat-jerawat yang meradang, dan ini merupakan bentuk infeksi yang disebabkan karena lapisan kulit terluar Anda terganggu.
"Kulit Anda adalah lapisan pertama yang akan menghalangi Anda dari infeksi," jelas Dr. Chiu.

6. Iritasi

Tanpa disadari sisa riasan sering menyebabkan kulit iritasi. Jika ini dibiarkan terjadi dalam jangka waktu yang lama, kulit Anda akan mengalami peradangan. Jenis kulit sensitif bisa menjadi sangat rentan terhadap hal ini.

Bahkan ketika Anda merasa sangat lelah setelah seharian beraktifitas, jangan lupa untuk mmembersihkan wajah Anda. Efeknya tidak akan terjadi dalam waktu dekat, namun memerlukan waktu yang lama. Jika perlu, datanglah ke dokter kulit untuk mengetahui jenis kulit dan perawatan yang tepat. Bersihkan wajah Anda dua kali dalam sehari. Pada pagi hari sebelum Anda memulai aktifitas dan malam hari setelah Anda beraktifitas dan membersihkan sisa makeup pada wajah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.