Sukses

Solusi Jitu Berbahan Alami untuk Kaki Pecah-pecah

Solusi praktis permasalahan kaki pecah-pecah dengan menggunakan bahan alami, yang patut Anda coba.

Liputan6.com, Jakarta Kaki merupakan bagian lain dari tubuh yang memperlihatkan kecantikan wanita. Terlebih ketika Anda menggunakan sepatu yang terbuka di bagian tumitnya. Hal mengganggu seperti tumit pecah-pecah akan mengurangi kepercayaan diri Anda dan membuat penampilan kaki terlihat tidak prima. 

 Baca Juga

Pemberian nutrisi dan pelembap sangat penting untuk menjaga kelembutan dan keindahan kaki. Untuk itu, Anda dapat menggunakan pelembap dari bahan alami untuk menghilangkan kaki pecah-pecah pada bagian tumit seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Kamis (18/2/2016).

1. Air Mawar dan gliserin

Anda dapat memanfaatkan rendaman dari air mawar untuk memerahkan bibir. Caranya yaitu dengan mengoleskan air mawar yang telah direndam 15-20 menit pada bibir dan setelah mendiamkannya beberapa saat, bilas menggunakan air hangat. (Istimewa)

Mengoleskan campuran air mawar dan gliserin yang ditambahkan dengan sedikit jus lemon, ternyata bisa menjadi obat untuk meredakan telapak kaki yang pecah-pecah. Oleskan campuran tersebut ke bagian telapak kaki yang pecah, lalu diamkan selama 15-20 menit. Perawatan kaki ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Setelah didiamkan beberapa saat, scrub bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada kaki. Kemudian, bersihkan dengan air dan keringkan. Jangan lupa mengoleskan pelembap setelahnya.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, gunakan cara ini rutin setiap dua hari sekali sampai telapak kaki terlihat lebih lembut dan halus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jus Lemon dan Pepaya

2. Jus lemon dan pepaya

Ketahuilah 8 manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh di sini.

Jus lemon memang sangat berguna dan mampu menjadi solusi bagi masalah kaki yang menyebalkan ini. Campurkan jus lemon dengan buah pepaya yang telah dihancurkan menjadi masker alami yang berkhasiat untuk melembapkan kulit-kulit mati pada telapak kaki. Lalu, setelah masker dioleskan pada bagian telapak kaki yang pecah-pecah, Anda tinggal menggosoknya dengan menggunakan sikat.

3 dari 5 halaman

Minyak Pijat

3. Minyak pijat

Oleskan minyak kelapa secara merata pada kulit siku dan lutut lalu pijat sambil digosok selama lima sampai delapan menit. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. (Istimewa)

Penyebab utama munculnya pecah-pecah pada telapak kaki adalah kulit yang kering dan tak terawat. Penggunaan kaos kaki sebenarnya cukup mampu untuk mencegah munculnya masalah ini. Selain itu, memijat dengan menggunakan minyak seperti minyak almond, minyak zaitun, dan minyak kelapa bisa membantu memaksimalkan proses perawatan kulit. Terlebih lagi, jika diaplikasikan setiap hari.

4 dari 5 halaman

Madu

4. Madu

Proses pembuatan sarang lebah dan cara penen madu secara modern yang tersaji dalam sebuah video.

Pelembap alami ini memiliki manfaat menghilangkan telapak kaki yang pecah-pecah. Disebut-sebut sebagai bahan yang paling mujarab, menuangkan madu ke dalam air dan merendam telapak kaki dalam campuran tersebut dapat menyembuhkan permasalahan telapak kaki. Rendam kaki setidaknya setengah jam dan gosok telapak kaki Anda, agar sel-sel kulit mati yang membandel terangkat dengan maksimal.

5 dari 5 halaman

Buah-buahan

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti anggur, jeruk, dan nanas baiknya dimakan di siang hari karena kandungan asamnya bisa menyebabkan masalah lambung. Akibatnya Anda akan mengalami maag atau kembung yang membua tidak nyaman saat tidur. (PHILIPPE HUGUEN/AFP/GettyImages)

Hancurkan 2-3 pisang atau pepaya matang untuk membuat sebuah masker. Oleskan dan pijat dengan lembut ke bagian telapak kaki yang pecah-pecah. Tambahkan minyak zaitun agar campuran masker buah ini dapat menempel dengan baik pada kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini