Sukses

4 Fenomena Alam Paling Menakjubkan di Dunia

Berikut empat fenomena alam yang menakjubkan dan menarik untuk disaksikan.

Liputan6.com, Jakarta Alam menyimpan berbagai misteri keindahan yang memesona, namun juga bisa menjadi hal yang menakutkan. Hal ini dikenal sebagai fenomena alam yang tanpa disadari sering kita lihat selama ini. Namun ada hal luar biasa dari alam yang hadirnya tidak dapat diprediksi dan menakjubkan untuk disaksikan.

Bagi Anda yang penasaran dengan fenomena yang dapat membuat anda terperangah ini, berikut potretnya seperti yang dilansir dari situs Kidzworld, Rabu (17/2/2016), berikut empat fenomena alam ini menakjubkan dan menarik untuk disaksikan.

1. Bioluminescence

Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia

Bioluminescence merupakan fenomena makhluk hidup yang memancarkan cahaya. Salah satu contoh yang sering Anda lihat yaitu kunang-kunang. Anda bahkan tidak menyangka makhluk ini banyak hidup di dalam air. Banyak jenis plankton yang bercahaya di dalam air. Cahaya diproduksi oleh plankton untuk melindungi diri dari gangguan. Pada saat mereka berenang di malam hari dan menyadari akan datangnya gangguan, cara pertahanan diri mereka adalah dengan cahaya. Ketika ribuan cahaya tersebut menerangi secara bersama-sama akan muncul fenomena alam yang indah dan menakjubkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Petir Vulkanik

2. Petir Vulkanik

Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia

Petir Vulkanik terjadi bukan di saat hujan, namun ketika gunung berapi meletus. Fenomena petir vulkanik ini terjadi akibat puing-puing bermuatan positif yang dilepaskan ke atmosfer selama letusan gunung berapi. Puing-puing bermuatan positif ini kemudian berinteraksi dengan negatif di udara dan menyebabkan petir. Fenomena menakjubkan ini telah terjadi dan disaksikan di Alaska, Islandia dan Italia.

3 dari 4 halaman

Batu Berlayar

3. Batu Berlayar

Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia

Fenomena ini merupakan fenomena geologi yang membuat batu bergerak melintasi tanah halus. Mereka bergerak dengan sendirinya dan jauh dari tempat asalnya. Fenomena aneh ini sudah diamati oleh Death Valley, seorang ilmuan California selama beberapa dekade. Penelitian ini akhirnya menemukan bahwa fenomena alam ini terjadi disebabkan oleh lembaran sangat tipis dari yang mencair. Kemudian ditambah dengan hembusan angin, membuat batu bergerak tanpa ada yang memindahkannya.

4 dari 4 halaman

Aurora Borealis

 

4. Aurora Borealis

Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia

Aurora Borealis yang juga dikenal dengan cahaya utara atau lampu kutub merupakan fenomena alam berupa cahaya alam,i yang biasanya berlangsung di Antartika. Cahaya ini disebabkan oleh energi magnetik di atmosfer. Namun masih ada penjelasan tentang fenomena mankjubkan ini dari kepercayaan Norse dan Aborigin yang mengartikan cahaya ini dibawa oleh nenek moyang yang telah mati. Nama Aurora itu sendiri berasal dari kata Romawi yang berarti fajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.