Sukses

Ini Alasan Mengapa Traveling Dapat Membuat Anda Lebih Pintar

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda membaca judul di atas, jangan pernah berpikir bahwa secara tiba-tiba Anda akan menjadi orang yang jenius. Namun, traveling akan membuat Anda lebih memahami dunia, memaksa Anda untuk berpikir dengan cara yang berbeda, dan membantu Anda untuk memahami berbagai budaya unik di dunia. Pada akhirnya, semua hal tersebut akan membuat semacam koneksi di otak Anda, yang dapat membuat Anda lebih cepat untuk bereaksi, berpikir logis, dan memecahkan masalah secara lebih efisien.

Ilmuwan, Albert Einstein pernah mengatmeingkakan, "One should not pursue goals that are easily achieved" (Kita tidak harus mengejar tujuan-tujuan yang mudah dicapai).

Apa yang dikatakan oleh Einsten di atas terdengar masuk akal. Anda sama pintar dengan banyaknya pengalaman yang telah Anda dapatkan, dan jika Anda tidak menantang diri Anda sendiri untuk melewati zona nyaman, diri Anda sendirilah yang menetapkan batasan terhasap potensial yang Anda miliki untuk tidak tampak. Pengalaman baru dan hal-hal yang telah Anda lakukan selama ini, akan membuat ketrampilan kognitif Anda semakin terbentuk. Dilansir dari huffingtonpost.com, Senin (15/2/2016), berikut beberapa alasan mengapa traveling dapat membuat Anda lebih pintar.

1. Anda bertemu dengan orang baru
Selama Anda hidup sampai dengan detik ini, Anda pasti telah bertemu dengan orang-orang hebat, inspiratif, baik, dan asing. Anda juga pasti pernah bertemu dengan orang-orang yang tidak Anda sukai, namun itu bukan hal yang penting. Setiap orang yang Anda temui memiliki alasan mengapa mereka menjadi seseorang yang sekarang. Ingatlah hal ini, sebelum Anda menuduh mereka.

Yang terpenting adalah interaksi Anda dengan semua orang ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan ke dalam hidup Anda. Pengetahuan bisa datang dari mana saja, dari belajar ketrampilan baru dan meningkatkan kemampuan bercerita Anda, dari belajar bagaimana mencari solusi yang baik saat situasi sulit. Secara perlahan, Anda akan mempelajari semua hal ini dengan sendirinya. Anda harus menemukan kepercayaan diri dalam diri Anda sendiri, bukan sebuah keangkuhan.

Ketrampilan Anda untuk bersosialisasi juga dapat meningkatkan hal ini. Anda akan belajar bagaimana membuat percakapan yang baik dan mempelajari orang-orang yang datang ke dalam hidup Anda. Anda akan meningkatkan pemahaman Anda terhadap segala macam karakter manusia, menjadi berpikiran terbuka, dan menghargai perbedaan.

1 dari 9 halaman

Memperluas pengetahuan Anda tentang makanan

2. Memperluas pengetahuan Anda tentang makanan
Traveling akan memungkinkan Anda untuk mencoba segala jenis makanan dan minuman yang baru. Tidak peduli darimana Anda berasal, beberapa makanan akan terasa sangat akrab di lidah Anda, dan tidak dengan makanan lainnya. Saran terbaik adalah coba semua makanan yang ada (kecuali jika Anda mengalami suatu alergi pada makanan tertentu). Cobalah satu makanan yang paling dicari dari semua menu yang ditawarkan, mungkin hal tersebut akan membawa cerita baru di dalam kehidupan Anda. Intinya, Anda akan memberikan sensasi dan rasa baru kepada otak Anda. Bahkan ketika itu adalah makanan yang pernah Anda coba, Anda tidak akan tahu apabila di suatu negara, makanan tersebut menggunakan tomat dan di negara lainnya menggunakan jambu. Cobalah.
Langkah lebih jauh yang dapat Anda lakukan adalah menanyakan kepada kokinya bagaimana makanan tersebut dimasak, sehingga ketika sampai di rumah, Anda dapat membuatnya untuk keluarga Anda. Ini adalah salah satu cara penyebaran budaya yang baik.

2 dari 9 halaman

Belajar bahasa baru

3. Belajar bahasa baru
Kebanyakan, ketika Anda traveling ke sebuah negara dan Anda tidak memahami bahasanya, Anda akan berusaha bagaimana caranya untuk dapat menyampaikan sesuatu di sana. Anda akan menunjuk kepada benda tertentu, menggunakan bahasa tubuh atau menirukan aksen berbicara khas di negara itu untuk menyampaikan maksud Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencoba.
Belajar bahasa baru tidaklah mudah, dan bukan sesuatu yang dapat Anda kuasai di dalam sebuah perjalanan yang singkat. Namun, para penduduk lokal akan menghargai turis yang berusaha untuk berbicara dalam bahasa mereka. Tidak ada salahnya sebelum Anda berpergian ke sebuah tempat, Anda mempelajari dasar dari bahasa tempat tersebut. Ketika sampai di sana, Anda akan dapat memperluasnya. Ketika Anda bertemu dengan penduduk lokal tersebut yang dapat berbicara dengan bahasa Anda, mintalah ia untuk mengajari Anda bercakap-cakap. Awalnya, belajarlah untuk menanyakan arah tempat, meminta tolong, dan mengucapkan terimakasih. Hal tersebut akan memberikan kesan pertama yang baik untuk Anda.

3 dari 9 halaman

Lebih terbuka terhadap pengalaman baru

4. Lebih terbuka terhadap pengalaman baru
Apapun hal yang datang ke dalam hidup Anda, mungkin hal pertama yang ada di dalam pikiran Anda adalah keselamatan. Namun, jika ada suatu hal baru yang datang, terkadang Anda harus mengambil resiko untuk mengambilnya. Suatu kesempatan yang mungkin tidak akan Anda dapatkan lagi di kemudian hari. Sesuatu yang memukau, yang dapat membuat Anda tidak ingin berhenti untuk melakukannya. Yang terpenting adalah Anda memiliki pengalaman baru. Anda tidak pernah mengetahui apapun sampai Anda mencobanya.

4 dari 9 halaman

Lebih mandiri

5. Lebih mandiri
Traveling, khususnya solo traveling akan menjadi tantangan terbesar Anda. Terkadang Anda tidak memahami hal apa yang dapat membuat Anda menjadi terpuruk atau bagaimana melatih diri Anda untuk memecahkan sebuah masalah. Pada akhirnya, jika Anda masih dapat bertahan, maka Anda akan menyadari bahwa Anda lebih baik sendiri. Anda telah mempelajari ketrampilan baru di manapun Anda mendapatkannya, Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menghadapi situasi tidak terduga di masa mendatang.
Dari traveling, Anda akan mempelajari banyak hal yang tidak memerlukan orang lain. Anda hanya memerlukan tubuh Anda sendiri, pikiran postif, dan kemauan untuk hidup di masa sekarang.

5 dari 9 halaman

Menjadi seorang traveler yang lebih baik

6. Menjadi seorang traveler yang lebih baik
Agak berbeda dengan kemandirian, di sini lebih spesifik. Ketrampilan khusus yang Anda dapatkan dari traveling akan membaik dan Anda membuat setiap proses menjadi lebih efisien.
Sebagai contohnya adalah bagaimana mengemas barang yang akan Anda bawa untuk traveling dengan lebih efisien, menjaga barang-barang Anda selama traveling, dan menyesuaikan anggaran traveling Anda.

6 dari 9 halaman

Belajar ketrampilan baru

7. Belajar ketrampilan baru
Tinggal di sebuah hotel, menginap di rumah orang asing, mendaki gunung atau bermain sepak bola dengan penduduk lokal adalah contoh hal-hal yang dapat membantu Anda mempelajari ketrampilan baru. Bagaimana memasak menu baru sampai dengan bermain di permainan tradisional suatu daerah. Mencoba hal-hal unik dapat membantu Anda mempelajari ketrampilan baru.

7 dari 9 halaman

Melihat hal-hal unik

8. Melihat hal-hal unik
Setiap tempat memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan. Dari pemandangan yang menakjubkan sampai konsep arsitektur yang mengejutkan. Anda akan melihat banyak hal berbeda, yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk membuat sesuatu yang hebat. Terapkan pada diri Anda sendiri untuk selalu berpikiran terbuka.

8 dari 9 halaman

Terinspirasi

9. Terinspirasi
Hal terpenting untuk Anda ingat adalah ketika Anda melakukan traveling adalah bagaimana Anda untuk hidup di masa sekarang. Jika Anda melihat sesuatu yang benar-benar memukau Anda, ambil beberapa waktu, sebelum Anda mengambil kamera Anda. Nikmati waktu yang Anda miliki. Pada akhirnya, hal ini dapat menginspirasi Anda. Inspirasi bisa datang darimana saja, dari orang-orang yang Anda temui saat traveling, atau dari sesuatu yang Anda lihat. Inspirasi ini tidak hanya dapat membuat Anda lebih bahagia, namun juga menjadi orang yang lebih pintar.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
6 Hal Ini yang Membuat Anda Masih Single